nutrisi

Begini Cara Agar Anak Lebih Lahap Makan

Nurvita Indarini Selasa, 24 Okt 2017 - 10.05 WIB
Tips agar anak nggak susah makan/ Foto: dok HaiBunda Tips agar anak nggak susah makan/ Foto: dok HaiBunda
Jakarta - Sudah masak makanan yang bergizi tinggi, tapi anak malas-malasan, bahkan nggak mau makan. Duh gimana sih caranya agar anak lahap makan?

dr Diana F. Suganda, MKes, SpGK mengatakan agar anak lebih lahap saat makan, sebaiknya dikondisikan lapar lebih dulu. Jadi nih, kita bisa singkirkan aneka camilan ataupun susu terlebih dahulu.

"Sering nih saya temui, saat anak nggak mau makan langsung dikasih susu. Anak lima tahun minum susunya 5-7 botol dalam sehari, kaya minum air putih. Padahal susu adalah pelengkap, nggak bisa langsung menggantikan makan anak," ujar dr Diana dalam media gathering 'Pentingnya Menjaga Nutrisi Alami untuk Kesehatan Pencernaan dan Imunitas Anak' yang digelar Forum Ngobras di D'Lab, Jl Riau No 1, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

Baca juga: Cegah Stunting, Jangan Gampang Maklum Kalau Anak Kurus Ya, Bun

Dengan menciptakan rasa lapar, nanti anak akan minta makan sendiri. Jadi nih, Bun, kalau si kecil malas makan atau nggak mau makan kita lihat dulu apakah sebelumnya si kecil sudah kenyang karena ngemil atau minum susu,

"Kalau anak sudah kenyang sebelumnya, pasti nggak mau makan lagi. Saat memberikan makan anak, pastikan nutrisinya lengkap. Ada karbo, protein, lemak yang sehat, dan lainnya," lanjut dokter yang berpraktik di RS Asih ini.

Nah, saat mengenalkan makanan pendamping ASI (MPASI), sebaiknya kita kasih batasan waktu 30 menit untuk makan. Jadi jangan sampai kita kasih makan ke anak sampai berjam-jam. Alasannya paling lama 30 menit makan, tubuh akan mengirimkan sinyal yang mengatur rasa kenyang.

"Kebalikannya kalau diet, kita harus lama-lama makannya. Jadi kita diminta mengunyah pelan-pelan sampai 32 kali, maksudnya biar bisa melewati masa itu (30 menit), jadi rasa kenyangnya lebih cepat, asupannya sedikit, berat badan berkurang," lanjut dr Diana.

dr Diana menambahkan, sebenarnya dengan semakin lama jam makan anak, asupan total anak menjadi lebih sedikit. Jadi misalnya, kita memberi sarapan anak pukul 7, di mana makanan itu baru habis dua jam kemudian, bisa jadi di jam makan siang anak nggak terlalu bernafsu makan. Begitu seterusnya.

Baca juga: Umur 10 Bulan, Bayi Ini Beratnya Sama dengan Anak 9 Tahun

"Jadi sebelum makan, kita bisa minta anak main-main dulu, jangan ngemil. Jadi anak perlu paham bahwa makan itu menjadi kebutuhan dan bukan kewajiban," sambung dr Diana.

Yang nggak kalah penting kita lakukan adalah menciptakan kondisi makan tanpa gangguan. Maksudnya, saat anak makan, kita nggak perlu memapar mereka dengan film kartun agar anak mau makan.

"Kalau sudah 30 menit makan, meskipun belum selesai ya sudah. Saat memberi makan anak, kita dahulukan proteinnya sama sayur. Nasinya sedikit dulu. Jangan sampai anak keburu kenyang sama karbo," terang dr Diana.

(vit/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi