sign up SIGN UP search


parenting

3 Nutrisi Alami Sebagai Vitamin dan Penambah Nafsu Makan Anak

Tim HaiBunda Minggu, 26 Sep 2021 07:10 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Anak yang tidak mau makan bikin kepala pusing ya, Bun. Sebab tanpa ada makanan yang memadai hanya akan membuat anak rentan berbagai macam jenis penyakit.

Cara yang disarankan adalah dengan memberikan vitamin yang bisa membuat mereka nafsu makan. Namun, sebelumnya dipahami dulu ya Bun bahwa ada beberapa penyebab anak tidak ingin ada makanan apa pun masuk ke dalam tubuhnya.


Penyebab Anak Kehilangan Nafsu Makan

  • Ketika anak sedang sakit (pilek, batuk, demam, radang) dan badannya terasa tidak enak atau tidak fit. Saat anak mengalami kondisi tersebut, segera periksakan ke dokter agar dapat segera ditangani dengan baik. Biasanya tenaga kesehatan akan memberikan resep obat dan vitamin anak penambah nafsu makan.
  • Kurangnya aktivitas anak, sehingga energi besar yang terdapat di dalam tubuhnya tidak banyak keluar.
  • Terlalu banyak minum ketika waktu jeda makan.
Banner Tips Parenting Anak CerdasTips Parenting Anak Cerdas/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Pentingkah pemberian vitamin pada anak?

Pemberian vitamin tergantung pada kebutuhan tiap anak. Selama nutrisi pada anak tersebut terpenuhi, maka pemberian vitamin tidak wajib. Akan tetapi ketika anak mengalami keluhan seperti menurunnya nafsu makan, maka perlu adanya vitamin penambah nafsu makan agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.


Nutrisi alami yang berguna sebagai penambah vitamin anak

1. Susu dan olahan produknya

Susu merupakan salah satu minuman yang mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin D yang sangat cocok untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. Olahan susu antara lain: keju, yogurt, mentega.

2. Sayur dan buah

Sudah pasti makanan yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sayur dan buah merupakan makanan dengan sumber vitamin, mineral, dan serat yang tinggi sangat cocok untuk tumbuh kembang anak.

3. Protein hewani

Protein hewani memiliki kandungan zat besi dan zinc yang tinggi. Ia dapat berfungsi sebagai penambah nafsu makan. Protein hewani bisa didapatkan pada ikan, daging sapi, daging ayam, hati ayam, hati sapi, dan juga telur ayam.

Sedangkan kandungan vitamin yang dapat menambah nafsu makan anak antara lain harus mengandung zinc, zat besi, dan minyak ikan. Khusus untuk zat besi diketahui dapat meningkatkan metabolism tubuh. Sedangkan minyak ikan tidak hanya sebagai penambah nafsu makan, ia juga dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Perlu diketahui juga bahwa pemberian vitamin anak penambah nafsu makan tidak bisa sembarangan dikonsumsi. Perlu adanya konsultasi dokter agar dosis yang diberikan pada anak tidak berlebihan dan tidak kekurangan asupan nutrisi ya, Bun. (PK)

Simak juga video berikut Bun mengenai vitamin A yang diberikan gratis pada anak Indonesia di bulan Agustus. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!