parenting

Tips Buat Bunda Bagaimana Menyiasati Anak Susah Makan

Yuni Ayu Amida Sabtu, 13 Apr 2019 17:30 WIB
Tips Buat Bunda Bagaimana Menyiasati Anak Susah Makan Tips Buat Bunda, Menyiasati Anak Susah Makan /Foto: thinkstock
Jakarta - Kadang pusing ya, Bun melihat si kecil yang sulit makan. Diberi ini menolak, diberi itu tidak mau. Nah bagaimana ya cara mengatasinya?

Dikatakan Praktisi Naturopath London, Debby Jean Marie, ketika anak susah makan, orang tua harus mencari tahu penyebabnya. Bisa jadi karena saat itu pencernaan anak sedang tidak baik.

"Anak kalau enggak mau makan, lihat dahulu mungkin ada infeksi, diare, jangan fokus di makan," tutur Debby saat ngobrol dengan HaiBunda usai acara Healthy Happy Kids di Jakarta Selatan, Sabtu (13/04/2019).


Debby menjelaskan bahwa tubuh kita itu menggunakan energi 50 persen untuk mencerna makanan. Jadi, ketika sakit tubuh akan fokus menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel serta melawan bakteri.

"Jadi kalau lagi enggak enak badan, masukin liquid sebanyak-banyaknya yang harus bernutrisi, entah itu jus, green smoothies," kata Debby.

Tapi, Bun, jika anak susah makan sampai berlarut-larut atau berkelanjutan maka patut diwaspadai. Karena bisa jadi anak kekurangan nutrisi dalam jangka waktu lama.

"Itu ada kemungkinan dia kekurangan beberapa vitamin, mungkin juga kekurangan zat besi," kata Debby.

Itu sebabnya, Debby menyarankan agar bunda memberikan multivitamin untuk anak agar meningkatkan nafsu makannya. Pastinya, carilah multivitamin yang terpercaya ya, Bun.


Nah di samping itu, kata Debby untuk memperhatikan nutrisi anak, sebenarnya bukan hanya setelah anak lahir, bahkan sebelum merencanakan pernikahan lho. Sayangnya, menurut Debby, orang tua bahkan lebih fokus dan cenderung memikirkan biaya nikah dan pesta daripada persiapan hamil kelak.

"Kewajiban kita mempersiapkan hamil itu jauh lebih penting di banding pesta itu sendiri, minimal enam bulan sebelum kita rencanakan menikah," ucapnya.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi