nutrisi

Trik Seorang Bunda Agar Anaknya yang Picky Eater Lahap Makan

Asri Ediyati 14 Feb 2018
Trik Seorang Bunda Agar Anaknya yang Picky Eater Lahap Makan/ Foto: ilustrasi/thinkstock Trik Seorang Bunda Agar Anaknya yang Picky Eater Lahap Makan/ Foto: ilustrasi/thinkstock
- Anak susah makan ditambah picky alias pilih-pilih banget makanan bisa bikin Bunda pusing. Pernah merasakan juga, Bun? Alhasil berbagai cara dicoba supaya si kecil mau makan.

Buat Bunda yang lagi bingung gimana caranya supaya anak mau makan, trik bunda yang satu ini bisa ditiru nih. Ia punya cara yang bisa dibilang super kreatif sehingga bisa mengajak anak laki-lakinya yang picky eater untuk makan semua makanannya.

Ibu kreatif bernama Terri Munro ini akhirnya nggak mendapat amukan si kecil yang nggak mau makan malam. Putra Terri, George sangat rewel dalam urusan makan tapi dia suka banget sama makanan takeaway. Hmm, emang apa sih cara yang dipakai Bunda Terri supaya George mau makan?

Jadi, Bun, Terri mengaku memesan beberapa kotak pizza di eBay. Lalu, ia menyajikan makan malam anaknya di dalamnya, bukan di atas piring. Dia juga membeli kotak chips (keripik) yang rencananya diisi stik wortel.

"George telah melihat bibinya makan 'pizza di dalam kotak' dan merasa senang! Jadi saya pikir cara yang lebih sehat dan lebih murah adalah membeli atau membuat pizza dan menyajikannya ke dalam kotak pizza," tuturnya dikutip dari The Motherload.


Trik Seorang Bunda Agar Anaknya yang Picky Eater Lahap MakanMemakai kotak pizza agar anak mau makan/ Foto: Facebook/ The Motherload



Terri juga berencana membuat makanan sehat lebih enak untuk dimakan George dan tentunya dikemas dengan tampilan yang menarik supaya George mau memakannya.

"Pada malam hari, meminta George makan, terkadang bisa menjadi kerja keras bagi saya. Jadi apapun yang bisa mempermudah proses itu patut dicoba!," kata Terri.

Dan ibu-ibu lain memuji trik Terri yang cerdik dan banyak yang telah terinspirasi untuk mencobanya sendiri. Yang satu menulis, "Jenius! Saya akan mencoba yang serupa dengan bak plastik dari takeaway restoran China!". Ibu lainnya menambahkan, "Mengapa saya tidak pernah memikirkan hal ini sebelumnya?! Anda layak mendapatkan bintang emas,".
Soal anak susah makan, sebenarnya yang menjadikan anak kita picky eater itu bisa jadi kita sendiri, Bun. Waktu anak masih di dalam kandungan, jelas mereka nggak mungkin menolak apa yang kita makan. Nah, sebaliknya kitalah yang terlalu picky dalam urusan makanan saat hamil.

Selain itu, menurut dr Damayanti Rusli S, SpA(K) PhD, ketika memberi makanan ke anak, kita cicipi juga, Bun, enak atau nggak. Kita rasakan dulu sebelum kasih ke anak, dengan begitu kita bisa menilai sendiri kenapa anak susah makan.

"Tiap anak itu beda-beda. Nah orang tua coba cek dan lihat keadaan anaknya, buat masakan dengan berbagai rasa," tutur dr Damayanti.

Pesan dr Damayanti ketika anak nggak mau makan jangan langsung dikasih vitamin atau lainnya ya, Bun, karena belum tentu kandungannya sama seperti makanan asli. "Sumber makanan yang baik adalah tinggi protein hewani, ini juga bisa nambahin tinggi badan anak. Sederhananya lihat aja di sekeliling kita nggak perlu impor," papar dr Damayanti.

Jadi, Bunda, kalau kata dr Damayanti percaya deh anak bisa makan dengan gizi yang cukup sambil didoakan dengan kasih sayang. Terus yang perlu diingat, tercukupinya gizi anak bukan tanggung jawab seseorang tapi tanggung jawab kita semua. Jadi, yuk sama-sama mulai perhatikan asupan anak, apakah sudah memenuhi kebutuhan gizinya atau belum.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi