nutrisi

MPASI Ala Cynthia Lamusu untuk Menambah Berat Badan Anaknya

Nurvita Indarini 12 Mar 2018
Ilustrasi MPASI/ Foto: thinkstock Ilustrasi MPASI/ Foto: thinkstock
Jakarta - Untuk meningkatkan berat badan anak, asupan adalah kunci utamanya. Nah, Cynthia Lamusu punya resep makanan pendamping ASI (MPASI) untuk meningkatkan berat badan anak nih, Bun.

"Dalam rangka naikin berat badan si kembar, jadilah menu hari ini dobel. Dobel protein hewani (prohe), dobel protein nabati (prona), dobel karbo dan sayur, dan pastinya tambahan lemak," tutur Cynthia di Instagram-nya, @tatjanadanbima.

Bikin makanan tinggi kalori, tinggi lemak, namun tetap enak dan jadi selera anak-anaknya, tentu nggak selalu mudah. Kata Cynthia, dirinya harus putar otak.

Hingga akhirnya Cynthia memutuskan bikin makanan ini deh, Bun. Kalau mau mencoba bikin buat si kecil, yuk simak resepnya.



Bahan-bahan:
Telur ayam kampung 2 butir
Nasi 2 sendok

Bahan yang dikukus:
Kentang
Tofu
Daging ayam kampung
Wortel diparut
Brokoli dicincang

Bumbu:
Bawang putih bubuk
Kaldu ayam no msg
Kaldu jamur
Sedikit garam
Nutritional Yeast dan GHEE (untuk memasak)

Cara masak:
1. Campur nasi dan semua bahan yang dikukus beserta bumbu jadi satu dengan satu butir telur.
2. Aduk sampai agak hancur dan menyatu adonannya.
3. Panaskan 1 sendok teh Ghee lalu masukan 1 butir telur yang sudah dikocok.
4. Setelah merata di wajan, segera masukkan adonan, buat tutup rata menutupi telur, masak dengan api sedang sampai matang.
5. Potong-potong, lalu sajikan.

[Gambas:Instagram]



Cynthia cerita nih, Bun, dua anak kembarnya, Tatjana dan Bima sakit batuk pilek selama lima hari. Alhasil berat badan mereka turun. Tatjana turun dari 11 kg ke 10,4 kg. Sedangkan Bima turun dari 9,5 kg ke 8,7 kg.



dr Diana F. Suganda, MKes, SpGK beberapa waktu lalu bilang untuk meningkatkan berat badan anak adalah dengan memenuhi asupan proteinnya lebih banyak. Sebab protein akan membantu meningkatkan massa otot, sehingga badan anak akan lebih padat atau sekel.

Double protein ini hendaknya melibatkan protein hewani dan nabati. Protein hewani bisa didapat dari daging ayam, daging sapi, dan ikan. Sementara protein nabati bisa didapat dari tahu, tempe, serta kacang-kacangan.

"Selain itu kita bisa tambahkan lemak. Caranya adalah dengan menambahkan minyak seperti olive oil atau canola pada makanan anak. Tapi ingat ya, minyak ini jangan dipanaskan di api. Langsung saja ditambahkan ke makanan anak, misalnya ke sup anak," saran dokter yang praktik di RSIA Asih ini. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi