nutrisi

Gampang Nih, Resep Siomay Ayam dan Udang untuk Camilan Anak

Amelia Sewaka 10 Agu 2018
Gampang Nih, Resep Siomay Ayam dan Udang untuk Camilan Anak/Foto: Amelia Sewaka Gampang Nih, Resep Siomay Ayam dan Udang untuk Camilan Anak/Foto: Amelia Sewaka
Jakarta - Bagi para ibu yang sibuk dan banyak aktivitas, memasak makanan di rumah bisa jadi tantangan tersendiri buat kita ya, Bun. Tapi, bukan berarti kita nggak bisa bikin makanan buat si kecil lho. Misalnya aja siomay ayam dan udang yang bisa jadi camilan favorit anak.

Selain sehat, resep siomay udang dan ayam ini juga mudah banget lho cara membuatnya. Ini dia, Bun, bahan yang dibutuhkan dan cara membuat siomay udang dan ayam. Resep ini dibagikan oleh Chef Steby Rafael di sela-sela media gathering 'Dancow Inspiring Mom'.


Bahan:
150 gr daging dada ayam, giling
100 gr daging paha ayam, giling
200 gr udang jerbung, cincang
80 gr tepung sagu
1 butir putih telur
4 siung bawang putih
1/4 sdt lada
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
50 ml air es
25 lembar kulit wonton/pangsit

Cara membuat:

1. Campur daging ayam dan udang, lalu aduk rata.
2. Tambahkan tepung sagu, putih telur dan bawang putih cincang lalu aduk kembali hingga rata.
3. Campur sisa bahan lainnya dan aduk hingga rata sambil tuang air es sedikit demi sedikit agar adonan kenyal.
4. Siapkan kulit wonton atau pangsit.
5. Sendokkan adonan ke kulit pangsit dan beri tambahan potongan kecil wortel di atasnya lalu bentuk seperti siomay.
6. Kukus selama 10 menit dengan api sedang.

Gampang Nih, Bun, Resep Siomay Ayam dan Udang untuk Camilan AnakIni dia camilan sehat anak siomay ayam dan udang. Foto: Amelia Sewaka

Ahli nutrisi, Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan menu siomay ini cocok banget buat si kecil. Mengingat kandungan gizi yang baik dari ayam dan udang juga sayur seperti wortel yang dipotong kecil-kecil lalu ditaruh di atasnya. Ditambah lagi cara memasaknya dengan dikukus.

"Biasanya anak nggak akan mungkin otak-atik sayur yang udah dipotong kecil-kecil gini, keburu males juga kan jadi pasti mereka akan makan ini siomay walaupun ada sayurnya," kata Rita.


Biasanya siomay disajikan dengan bumbu kacang dan sejenisnya. Kalau yang makan anak di bawah satu tahun, Rita menyarankan siomay nggak disajikan dengan bumbu kacang karena dikhawatirkan anak alergi terhadap kacang. Namun, karena salah satu bahan pokoknya adalah udang, pastikan juga anak nggak alergi udang ya, Bun. Nah, Rita menyarankan jangan terburu-buru menilai anak karena alergi satu bahan makanan lho.

"Kalau anak dirasa udah dilihat ada tanda alergi seperti kemerahan atau gatal dan sebagainya, lihat dan cek dulu 2 jam lalu anak ngapain, makan apa. Dicatat, lalu nanti lihat lagi periode 2 minggu ke depan dan coba tes anak dengan kita beri bahan makanan tersebut," tutur Rita.

Rita melanjutkan kalau ternyata timbul tanda atau gejala alergi kembali, berarti anak memang tidak bisa makan makanan tersebut. Jika diperlukan Bunda bisa konsultasi ke dokter ya. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi