nutrisi

Bunda, Ini Pentingnya Asam Amino Esensial untuk si Kecil

Nabilla Nufianty Putri Jumat, 14 Sep 2018 - 11.30 WIB
Pentingnya asam amino esensial untuk si kecil/ Foto: shutterstock Pentingnya asam amino esensial untuk si kecil/ Foto: shutterstock
Jakarta - Proses perkembangan si kecil membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk pertumbuhan tubuh dan jaringan selnya. Makanya Bun, diperlukan asupan nutrisi yang bisa menunjang kebutuhan nutrisi anak. Salah satunya adalah asam amino esensial yang merupakan bagian dari protein.

Bunda perlu tahu, asam amino esensial berperan penting untuk membentuk tulang, otot, dan organ penting lainnya. Bahkan asam amino juga bisa mendukung kecerdasan dan kognitif si kecil, mengontrol metabolisme tubuh, dan berperan sebagai antioksidan demi membantu daya tahan tubuhnya.



Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals, dr Ervina Hasti, menjelaskan asam amino dibagi menjadi tiga yaitu asam amino esensial, asam amino nonesensial, dan asam amino conditional.

"Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Karena itu, harus diperoleh dari makanan, yaitu valin, histidin, triptofan, isoleusin, lisin, leusin, metionin, treonin, dan fenilalanin," jelas dr Ervina kepada HaiBunda pada Jumat (14/9/2018).



Ia mengungkapkan kebutuhan protein atau asam amino esensial harian adalah sekitar 1 g/kgBB/hari. Maka diperlukan asupan sumber protein hewani maupun nabati yang cukup. Bunda juga bisa memenuhi asupan tersebut pada si kecil dengan praktis, yakni dengan memberikannya susu Zee karena memiliki 9 asam amino esensial yang dibutuhkan si kecil untuk tumbuh kembangnya.

(mul/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi