nutrisi

Anak Nonton TV Online? Ini 4 Hal yang Perlu Bunda Perhatikan

Asri Ediyati Minggu, 23 Sep 2018 - 14.57 WIB
Anak Nonton TV Online? Ini 4 Hal yang Perlu Bunda Perhatikan/ Foto: Thinkstock Anak Nonton TV Online? Ini 4 Hal yang Perlu Bunda Perhatikan/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Di era digital, nonton TV bisa di mana saja, bahkan bisa di handphone. Sebagian besar orang memiliki alasan nonton di handphone itu lebih mobile alias bisa nonton di kamar atau bahkan di meja makan. Oleh karenanya sudah nggak dipungkiri lagi, anak-anak memilih nonton TV online di gadgetnya.

Namun, ada empat hal yang perlu Bunda perhatikan ketika mendampingi anak nonton TV online nih. Berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber.

1. Konten

Ilustrasi anak dan gadgetIlustrasi anak dan gadget/ Foto: Thinkstock

Jocelyn Brewer, psikolog yang memiliki spesialisasi dalam aktivitas digital untuk anak, menyamakan diet media dengan apa yang ada di piring makan kita, Bun. Daripada kita menghitung kalori yang diibaratkan durasi main gadget, lebih baik memikirkan apa yang kita makan atau dalam hal ini konten apa yang dilihat anak.

"Ini bukan hanya tentang apakah kita mengonsumsi 'sampah digital', tetapi juga hubungan kita dengan teknologi dan perannya dalam keluarga. Banyak orang tua memberi gadget ke anak supaya anak tenang dan merasa nyaman. Ini sama saja kita memberi anak makanan camilan demi menenangkan kondisi emosionalnya," tutur Jocelyn dikutip dari The Guardian.

2. Jarak Mata ke Gadget

Ilustrasi anak dan gadgetIlustrasi anak dan gadget/ Foto: dok.HaiBunda


Dr Christopher Starr, profesor ophthalmology dari Weill Cornell Medical College di New York, mengatakan bahwa menonton dan menggunakan gadget yang berlebihan berakibat buruk pada mata. Cara ini bisa memaksa otot mata fokus pada jarak yang dekat dan menyebabkan mata kelelahan.

"Anda bisa bayangkan jika Anda berada di gym dan memegang latihan angkat beban, bisep akan sangat sakit sembilan jam kemudian. Hal yang sama juga berlaku untuk mata sehingga saat main gadget kita juga perlu beristirahat," kata dr Christopher kepada CBS.

Jarak yang disarankan saat menonton atau menatap gadget adalah sekitar 20-40 inchi (50-100cm) dari mata.

3. Batas Waktu Nonton

Anak Nonton TV Online? Ini 4 Hal yang Perlu Bunda PerhatikanIlustrasi anak dan gadget/ Foto: Thinkstock



Bicara soal menonton TV online sama halnya dengan pemakaian gadget pada anak, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan anak-anak di bawah 6 tahun main gadget maksimal satu jam. Untuk membatasinya, AAP menekankan pentingnya konsistensi orang tua dalam menetapkan batasan termasuk memberlakukan waktu bebas layar di keluarga.

4. Waktu Tidur

Anak Nonton TV Online? Ini 4 Hal yang Perlu Bunda PerhatikanIlustrasi anak dan gadget/ Foto: dok.HaiBunda



Kita tahu terlalu lama menatap layar bisa berdampak buruk untuk perkembangan anak dan dapat memengaruhi tidur dan kesehatan. Untuk itu, orang tua perlu bijak dalam memberi aturan waktu tidur pada anak. Seperti Mona Ratuliu, publik figur dan ibu tiga anak selalu memberlakukan aturan main gadget atau menonton TV hanya sampai jam 9 malam. Lewat dari itu, anak harus tidur. (aci/ziz)

Share yuk, Bun!
Rekomendasi