sign up SIGN UP search


parenting

5 Cara Jitu Batasi Screen Time untuk Si Kecil Tanpa Membuatnya Ngambek

Nanie Wardhani   |   Haibunda Sabtu, 18 Dec 2021 16:01 WIB
Boys are using digital tablet and is sitting on a sofa at home in Kuala Lumpur, Malaysia. caption

Jakarta - Gadget mungkin menjadi jalan keluar agar Si Kecil anteng, namun terlalu lama menatap layar gadget tidak baik untuk Si Kecil lho, Bunda. Ada beberapa dampak yang akan anak rasakan apabila terlalu banyak menatap layar gadget. Baik alasan kesehatan maupun psikologis.

Mata Si Kecil yang masih sehat bisa saja tidak lagi sama jika Bunda berikan akses gadget terlalu lama untuknya.  Bunda juga bisa melihat perubahan sikapnya jika ia jauh dari gadget.

Bunda pun pasti tidak ingin Si Kecil terus-terusan bermain gadget. Menurut Very Well Family, inilah 6 tips yang bisa Bunda lakukan agar bisa membatasi screen time Si Kecil.


1. Belajar tentang teknologi

Anak-anak zaman sekarang biasanya tech-savy. Mereka lebih tahu teknologi ketimbang Bundanya. Untuk itu, ada baiknya Bunda belajar juga tentang teknologi, agar bisa mengimbangi Si Kecil.

2. Buat zona anti gadget

Mulai sebal karena Si Kecil tidak bisa lepas dari gadget? Mungkin sudah saatnya Bunda membuat zona anti gadget. Di dalam zona tersebut, Bunda dapat membuat perjanjian dengan Si Kecil bahwa ia tidak bisa memainkan gadget-nya.

Banner Kampung Miliuner CilacapBanner Kampung Miliuner Cilacap/ Foto: Mia Kurnia Sari

3. Buat perjanjian waktu

Bunda bisa membuat perjanjian dengan Si Kecil terkait waktu screen time mereka. Selain akan membuat Si Kecil perlahan mengurangi waktu bersama gadget, itu akan membangun pemahaman Si Kecil.

4. Jelaskan secara gamblang

Jika sudah tepat waktunya, Bunda bisa menjelaskan secara gamblang dan tegas mengapa Bunda membatasi screen time Si Kecil. Mungkin akan sulit pada awalnya, tapi dengan begitu Si Kecil akan perlahan mengurangi waktunya bermain gadget.

5. Ajak ia bermain

Satu tips yang Bunda bisa lakukan agar membuat Si Kecil mengurangi screen time-nya adalah mengajak ia bermain atau beraktivitas yang membuat ia jauh dari gadget. Bermain game board, berdongeng, atau membaca buku bisa menjadi pilihan.

Itulah 5 tips yang bisa Bunda lakukan untuk mengurangi screen time Si Kecil yang mulai kecanduan gadget. Lalu apa sajakah tanda Si Kecil sudah terlalu lama main gadget? Simak lengkapnya di halaman berikut ya Bunda.

Simak juga video tentang menumbuhkan minat baca anak di era new normal di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



4 TANDA ANAK KELAMAAN MAIN GADGET, BUNDA HARUS PERHATIKAN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!