nutrisi

Nutrisi Tepat untuk Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Nabilla Nufianty Putri Sabtu, 10 Nov 2018 - 10.44 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Untuk menghadapi ancaman berbagai penyakit, si kecil memerlukan nutrisi yang bisa menunjang daya tahan tubuhnya. Untuk itu, Bunda harus memberi asupan nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh si kecil dengan tepat.

Misalnya untuk memastikan kesehatan saluran cerna anak tetap lancar agar tidak diare, Bunda harus memberi asupan yang mengandung inulin. Perlu diketahui, inulin merupakan prebiotik atau makanan bagi bakteri baik yang dapat membantu kesehatan saluran cerna.

"Inulin merupakan prebiotik yang memberikan manfaat terhadap kesehatan saluran cerna karena merupakan makanan buat bakteri yang baik yang ada di saluran cerna si kecil," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur kepada HaiBunda, Sabtu (10/11/2018).


Dengan pemberian inulin, lanjut dr Muliaman, bakteri baik di usus akan banyak sehingga bisa menolak bakteri jahat dan si kecil terhindar dari infeksi bakteri jahat tersebut. Selain inulin, Bunda juga harus memberikan asupan yang membantu meningkatkan sistem imunitas anak lho.

Jenis nutrisi yang membantu sistem pertahanan tubuh dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro. Nutrisi makro biasanya dibutuhkan dalam jumlah banyak seperti karbohidrat (nasi, roti, kentang, dan jagung) dan lemak (daging, kuning telur, minyak ikan, dan kacang-kacangan) yang berfungsi sebagai sumber tenaga. Lalu protein (putih telur, susu, ikan, daging, dan tahu atau tempe) merupakan nutrisi makro yang paling penting untuk pembangun sistem daya tahan tubuh si kecil.


Sedangkan kelompok nutrisi mikro yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit untuk membentuk daya tahan tubuh yaitu vitamin (vitamin A, B komplek, C, D, E), dan mineral (seng, iodium, dan selenium). Keduanya bisa ditemukan dalam buah, sayur, daging dan susu.

"Nutrisi untuk mendukung daya tahan si kecil adalah makro dan mikronutrisi. Makronutrisi yang utama adalah kandungan protein sedangkan kandungan nutrisi mikro untuk daya tahan tubuh adalah zink, zat besi, dan vitamin C serta probiotok dan prebiotik," jelas dr Muliaman.

Semua kandungan tersebut bisa bunda dapatkan secara praktis melalui Morinaga Chil*Go! yang juga mengandung kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi serta vitamin A, C, dan E untuk melindungi sel-sel tubuh si kecil. (mul/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi