nutrisi

4 Makanan untuk Memperkuat Tulang Anak Selain Susu

Asri Ediyati Selasa, 20 Nov 2018 - 16.05 WIB
4 Makanan untuk Memperkuat Tulang Anak Selain Susu/ Foto: Istock 4 Makanan untuk Memperkuat Tulang Anak Selain Susu/ Foto: Istock
Jakarta - Setiap orang tua ingin anaknya memiliki badan yang sehat, termasuk kesehatan tulangnya. Mengapa kesehatan tulang anak penting? Karena ketika tulangnya nggak sehat, anak bisa saja jadi tumbuh pendek.

"Pada prinsipnya pertumbuhan tentu tergantung dengan regenerasi sel baru. Asupan makanan yang cukup tentu akan menyuplai protein dan energi untuk membuat sel baru. Untuk itu, penting memenuhi asupan gizi anak," kata Dr dr Damayanti R Syarif SpA(K), konsultan nutrisi dan penyakit metabolik dari FKUI dan RSCM.

Kita tahu, salah satu bahan pangan yang terbukti membuat tulang kuat adalah susu. Namun, tak semua anak bisa mengonsumsi susu, lho. Dilansir National Health Service (NHS) Inggris, ada empat makanan yang bisa memperkuat tulang anak selain susu.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kol, dan okra mengandung kalsium yang tinggi. Bagaimana dengan bayam? Meskipun mengandung banyak kalsium, bayam juga mengandung asam oksalat, yaitu zat yang mengurangi penyerapan kalsium. Makanya, bayam disebut bukan sumber kalsium yang baik.

2. Kedelai dan olahannya

Kacang kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe dan susu kedelai mengandung kalsium. Selain itu, jarang sekali makanan berbahan berbahan dasar kedelai menimbulkan alergi.

4 Makanan untuk Memperkuat Tulang Anak Selain SusuKacang Almond untuk Memperkuat Tulang Anak Selain Susu/ Foto: iStock


3. Kacang almond

Kacang almond mengandung hampir 200 mg dari dosis kalsium harian yang direkomendasikan. Kacang almond juga memberikan sejumlah besar nutrisi, serat, mangan, vitamin E. Demikian dikutip dari Nuts.

4. Ikan

Ikan yang mengandung banyak kalsium adalah ikan penghasil minyak seperti salmon, sarden dan makarel. Ikan juga kaya akan vitamin D, yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D juga membantu tubuh menyerap lebih banyak kalsium.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi