sign up SIGN UP search


parenting

Cara Mengatasi Anak 9 Bulan Susah Makan Buah

Yuni Ayu Amida Selasa, 11 Feb 2020 18:03 WIB
Anak usia 9 bulan mungkin belum terbiasa makan buah, jadi kerap menolak jika diberi buah. Ikuti tips ini untuk mengatasi anak susah makan buah. caption
Jakarta - Buah adalah salah satu makanan kaya serat yang dibutuhkan tubuh. Bayi usia 9 bulan mungkin belum terbiasa mengonsumsi buah, itu sebabnya kadang mereka menolak atau susah makan buah.

Dijelaskan spesialis anak, dr.Joel Forman, MD, usia antara 8 bulan sampai satu tahun, bayi membutuhkan 750 - 900 kalori sehari. Setengah dari itu, sekitar 400 hingga 500 kalori harus berasal dari ASI. Namun, pada usia ini pula, anak sudah tidak bisa bergantung pada ASI saja, jadi harus ada makanan berat lain yang masuk dalam tubuhnya.


"Di masa lalu, Anda mungkin memberikan ASI terlebih dahulu kemudian makanan bayi. Tetapi pada usia 9 bulan, Anda dapat memberikan makanan padat terlebih dahulu, lalu menyusui setelahnya," ujar Forman, dilansir Very Well Family.


Lebih lanjut, salah satu makanan yang mesti dikenalkan pada anak saat sudah MPASI adalah buah. Berikut ini tips mengatasi anak 9 bulan yang susah makan buah:

1. Kenalkan sejak dalam kandungan

Cara Mengatasi Anak 9 Bulan Susah Makan BuahCara Mengatasi Anak 9 Bulan Susah Makan Buah/ Foto: iStock


Agar anak terbiasa makan buah, sebaiknya dikenalkan sejak dalam kandungan, Bunda. Menurut konsultan gastrohepatologi Frieda Handayani, ada studi yang menyatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi buah dan sayur saat hamil bisa ditularkan pada anak.

"Meski belum ada bukti-bukti lain atau riset lanjutan, tetapi cara ini bisa diterapkan," kata Frieda, dilansir CNN Indonesia.

2. Masukkan dalam MPASI

Makanan pendamping ASI (MPASI) adalah hal wajib yang mesti dikonsumsi anak mulai usia 6 bulan. Meski kecukupan gizi MPASI ditekankan pada protein, namun Bunda bisa menyisipkan serat ke dalamnya. Misal dengan membuat puree atau bubur buah sebagai sumber serat.

3. Tidak memaksa

Bila anak belum mau mengonsumsi buah dan sayur, sebaiknya jangan dipaksa. Semakin dipaksa, anak malah semakin menolak. Suasana hatinya pun nantinya jadi tidak enak.

Sebaiknya, kenalkan jenis buah dan sayur dalam bentuk menarik secara perlahan. Buat suana menyenangkan atau bisa juga sambil melakukan beragam permainan, agar anak tertarik mengonsumsinya.

4. Jangan putus asa

Orang tua tak perlu putus asa saat mencoba dan merasa tidak suka. Frieda menyarankan, tetap coba sebanyak 5 sampai 15 kali berturut-turut, agar anak terbiasa. Berikan dalam jumlah yang kecil dulu, misal sehari anak mengonsumsi dua atau tiga sendok puree, berikan selama beberapa hari berturut-turut.


Simak juga nutrisi anak susah makan dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi