nutrisi

Mengunyah Makanan Rangsang Fungsi Otak Hingga Tekan Nafsu Makan

Asri Ediyati Selasa, 29 Jan 2019 - 20.58 WIB
Mengunyah Makanan Rangsang Fungsi Otak Hingga Tekan Nafsu Makan/ Foto: iStock Mengunyah Makanan Rangsang Fungsi Otak Hingga Tekan Nafsu Makan/ Foto: iStock
Jakarta - Padatnya aktivitas, membuat sebagian orang memilih untuk melewatkan sarapan. Sebagai pengganjal perut, banyak yang memilih susu atau teh hangat di pagi hari. Padahal, menurut Dr Rita Ramayulis DCN MKes, sarapan merupakan aktivitas untuk mengonsumsi sesuatu di pagi hari diikuti dua aktivitas yakni makan dan minum.

Rita melanjutkan, makan merupakan kegiatan mengunyah, merasakan dan menelan. Sedangkan minum aktivitasnya meneguk.

"Ada aktivitas yang dilakukan jadi membantu metabolisme tubuh. Di mulut juga terjadi kegiatan mengunyah, kalau sarapan pakai minum saja hanya meneguk memasukkan cairan dalam tubuh jelas asupan gizinya nggak cukup," tutur Rita di acara Nestle Nestum 101 Healthy Bowls, di Ritz Carlton Pacific Place, Sudirman, Jakarta Pusat (29/1/2018).

Nggak cuma mengisi perut, terasa kegiatan mengunyah ini memiliki dampak positif yang belum diketahui banyak orang. Disebutkan oleh Rita, proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi motorik kasar di sekitar mulut.

"Mengunyah juga akan memberi kesempatan pada makanan untuk bercampur dengan enzim ptyallin sehingga terjadi pencernaan enzimatik," tutur Rita.
Mengunyah Makanan Rangsang Fungsi Otak Hingga Tekan Nafsu MakanMengunyah Makanan Rangsang Fungsi Otak Hingga Tekan Nafsu Makan/ Foto: thinkstock


Pencernaan makanan secara mekanik dan enzimatik yang berlangsung baik di mulut, mampu menstimulasi pencernaan dan enzimatik selanjutnya.

Rita mengungkap koordinasi pergerakan motorik nggak hanya terjadi pada organ pencernaan tapi juga akan menstimulasi organ-organ yang lain seperti jantung yang bertugas memompa darah.

"Meningkatnya peredaran darah akan membuat kadar oksigen meningkat sehingga penyerapan zat gizi menjadi lebih baik. Dengan demikian kerja otak optimal," sebut Rita.

Rita menambahkan, mengunyah juga terkait dengan produksi hormon yang berperan dalam pengaturan nafsu makan.

"Proses mengunyah dapat menurunkan hormon grealin yaitu hormon yang berperan dalam merangsang nafsu makan dan meningkatkan hormon Cholecytokinin (CCK) yang mampu menurunkan nafsu makan," tutup Rita.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi