nutrisi

Cara Tepat Menyeduh Susu Bubuk, Bunda Wajib Tahu

Radian Nyi Sukmasari Senin, 04 Feb 2019 - 10.03 WIB
Ilustrasi susu bubuk/ Foto: iStock Ilustrasi susu bubuk/ Foto: iStock
Jakarta - Susu bubuk jadi salah satu jenis susu yang biasa dikonsumsi, mulai dari anak-anak sampai orang lanjut usia (lansia). Nah, Bunda wajib tahu gimana cara tepat menyeduh susu bubuk supaya kandungan nutrisinya nggak hilang.

Jangan pakai air mendidih (bersuhu 100 Celcius) untuk menyeduh susu bubuk karena bisa menghilangkan kandungan nutrisi, termasuk probiotik dalam susu. Pakai air dengan suhu 70 Celcius karena di suhu ini air akan membunuh semua bakteri berbahaya.

Saat melarutkan susu bubuk, masukkan lebih dulu air supaya susu bubuk bisa larut dengan rata. Pastikan takaran air dan susu bubuk pas. Takaran berlebihan menimbulkan risiko dehidrasi dan sembelit.

"Sedangkan, mengurangi takaran susu bubuk bisa membuat nutrisi yang seharusnya didapat berkurang," demikian disampaikan NHS dalam situs resminya.


Untuk mengurangi risiko infeksi, perhatikan cara penyimpanan susu bubuk. Seperti diketahui, bakteri sangat cepat berkembang biak di suhu ruangan. Sedangkan, saat susu bubuk disimpan di kulkas bakteri tetap bisa berkembang biak meski lebih lambat.

ilustrasi susu bubukilustrasi susu bubuk/ Foto: iStock
Kalau susu bubuk mengandung probiotik, DR dr Saptawati Bardosono, SpGK, MSc atau dr Tati mengatakan, sebaiknya tak langsung diseduh dengan air panas bersuhu 100 derajat Celcius. Kondisi seperti ini bisa membuat probiotik mati.

"Biasanya paling tinggi itu airnya 70 derajat Celcius, tidak boleh sampai 100 derajat Celcius nanti mati probiotiknya kan percuma. Sebaiknya memang tidak terlalu panas ya," ujar dr Tati dilansir detikcom.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi