nutrisi

6 Trik Mengajari Si Kecil Suka Makan Sayur Tanpa 'Drama'

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 05 Mar 2019 - 17.02 WIB
Mengajari anak suka makan sayur/ Foto: iStock Mengajari anak suka makan sayur/ Foto: iStock
Jakarta - Si kecil susah banget makan sayur, Bun? Hal yang sama ternyata juga sering dikeluhkan ibu-ibu di luar sana. Sebagian anak ada yang langsung menolak mentah-mentah saat melihat sayuran di piring mereka.

Menyikapi kondisi ini, sebaiknya Bunda ekstra sabar ya. Julie A. Mennella, Ph.D, seorang biopsychologist di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia mengatakan, sebaiknya anak dikenalkan makanan baru sejak dini termasuk melalui ASI.

"Bayi tahu rasa dari makanan yang ditularkan ibu kepada bayinya melalui ASI. Bayi dapat mendeteksi rasa, dan jika mereka memiliki pengalaman dengan rasa itu, mereka akan lebih menerima makanan. Jadi, jika Bunda sedang menyusui, mulailah kecintaan bayi terhadap sayuran sejak dini dengan mengonsumsi sayuran di piring Bunda sendiri,"kata Julie, dikutip dari Parents.


Selain itu, ide terbaik untuk menumbuhkan ketertarikan anak untuk makan sayur yakni dengan mengenalkan mereka makanan padat sejak dimulainya MPASI untuk pertama kali. Saat si kecil mulai mengonsumsi makanan padat di usia 6 bulan, langsung berikan sayur pada anak, Bun, seperti disarankan American Academy of Pediatrics.

Cara kedua, Bunda bisa memulai memasukkan sayuran yang sudah dihaluskan ke dalam makanan padat anak. Cobalah dengan sayuran manis dan beraroma ringan seperti labu, wortel, dan sayuran lainnya.

Melansir Eatthis, salah satu trik untuk membiasakan anak suka makan sayur adalah memasaknya menggunakan mentega, Bun. Termasuk saat mengenalkan sayuran yang memiliki rasa pahit seperti brokoli dan kangkung.

"Semua sayuran akan terasa lebih enak dengan mentega,"kata Cassie Bjork, RD dari Healthy Simple Life.

6 Trik Mengajari Si Kecil Suka Makan Sayur Tanpa 'Drama'Cara ngajari anak makan sayur/ Foto: iStock

Trik lainnya yang bisa lakukan yakni, memberikan anak-anak seporsi sayuran ketika mereka benar-benar kelaparan. Sayuran yang bisa diberikan seperti wortel, mentimun, paprika, dan seledri.

"Mereka memiliki makanan ringan, tetapi setidaknya mereka mengonsumsi sayuran terlebih dahulu," seperti dikatakan Ilyse Schapiro, MS, RD, ahli diet di New York dan Connecticut.

Bunda juga bisa menyisipkan sayur dalam berbagai olahan yang mereka suka. Misalnya, memasukkan kacang polong di dalam mashed potato, menyisipkan kacang hijau ke dalam puding, dan sebagainya.

Terpenting nih, Bun, jangan lupa untuk selalu menyajikan sayuran segar setiap hari ya. Selain lebih segar, tentunya sayur tersebut secara visual lebih menarik sehingga dapat menggugah selera makan anak-anak. "Bunda juga dapat membawa anak-anak ke kebun sayur dan biarkan anak-anak memilih sendiri sayuran yang diinginkan,"ujar Laura Cipullo, RD, ahli gizi dan penulis buku The Body Clock Diet.


Wah, ternyata ada banyak cara ya, Bun, menanamkan kecintaan si kecil terhadap sayur. Tetap semangat, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi