parenting

Latih Anak Jalan Pakai Baby Walker, Dianjurkan Nggak?

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 02 Jul 2017 18:09 WIB
Latih Anak Jalan Pakai Baby Walker, Dianjurkan Nggak?
Jakarta - Senangnya! si kecil udah mulai belajar jalan nih Bun. Nah, untuk melatih anak jalan, biasanya kita pakai baby walker ya Bun. Hmm, sebetulnya dianjurkan nggak sih melatih anak jalan pakai baby walker?

Mengutip rekomendasi American Academic of Pediatric (AAP), dr Luh Karunia SpKFR dari RS Bunda Jakarta bilang baby walker nggak dianjurkan untuk dipakai sebagai alat untuk melatih anak jalan. Soalnya, kita mesti menanamkan pola gerak yang benar sejak awal nih Bun.

dr Luh bilang, waktu anak duduk di baby walker, coba perhatiin deh Bun. Lutut anak kan cenderung menekuk ya. Terus, kalau panjang kaki si kecil belum sampai menjejak lantai, mereka bakal jinjit. Nah, kalau kayak gini kata dr Luh yang bekerja bukan gerakan melangkah tapi gerakan dorongan panggul.


"Kalau gerakan seperti ini dulang-ulang terus, anak jadi cenderung jinjit dan ngesot," kata dr Luh dalam Parenting Class yang digelar Klinik dr Tiwi dan Merries di Casa Grande, Kasablanka, Jakarta, baru-baru ini.

Gimana kalau menitah anak? Itu juga nggak disarankan lho Bun. Menurut dr Luh, saat menitah anak Bunda akan memegang tangan anak. Secara nggak sadar, kitalah yang mengambil alih fungsi keseimbangan anak. Dibanding pakai baby walker atau menitah, dr Luh lebih menyarankan anak dilatih jalan dengan mendorong kursi Bun.

Jadi, biarkan anak memegang bagian tengah kursi terus mendorongnya. Untuk 'pengamanan', Bunda bisa megangin bagian samping kursi ya, bukan memegang badan anak. Kalau waktu anak mendorong kursi yang dipegang badan anak, apa efeknya dok?

"Kita yang mengambil alih kontrol anak, keseimbangannya. Nggak perlu juga kita pegang pinggangnya karena kalau anak udah belajar jalan, berarti pinggangnya udah kuat," tambah dr Luh.

Hal terpenting, Bunda pastikan ya kursi untuk alat mendorong anak ini kuat dan stabil. Kalau Bunda mau, boleh juga pakai mainan yang bisa didorong untuk melatih anak jalan, yang banyak dijual di pasaran.

Keywrod: anak belajar jalan, baby walker, anak berlatih jalan, aktivitas anak

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi