Sign Up search


parenting

5 Mainan Bayi untuk Bantu Si Kecil Belajar Berdiri dan Berjalan

Siti Hafadzoh Kamis, 30 Jan 2020 18:02 WIB
5 Mainan Bayi untuk Bantu Si Kecil Belajar Berdiri dan Berjalan caption
Jakarta - Dari hari ke hari, kemampuan bayi mulai berkembang. Salah satu perkembangannya adalah bayi mulai merangkak dan berdiri.

Di usia 9-12 bulan, bayi mulai bisa untuk berdiri dengan berpegangan pada benda-benda yang ada di sekitarnya. Selanjutnya, mereka akan mulai berjalan setapak demi setapak. Sebelum berdiri, beberapa bayi belajar untuk merangkak terlebih dahulu, Bun. Tapi, beberapa bayi tidak melalui proses merangkak.


Untuk mendung tumbuh kembang bayi dalam usahanya belajar berdiri dan jalan, Bunda bisa memberikan beberapa mainan. Dari situ anak akan belajar jalan, dengan proses bermain. Sehingga tetap fun untuk anak seusianya.


Dikutip dari Baby List, bermain dapat membantu anak-anak untuk berkembang. Waktu bermain dapat membantu mengembangkan keterampilan bahasa, kecerdasan sosial dan emosional, serta mencapai keterampilan fisik. Misalnya, duduk, merangkak, dan berdiri.

Banyak permainan bayi yang bisa dimanfaatkan untuk merangsang kemampuan berdiri dan berjalannya. Jangan berpikir hanya baby walker, Bun. Kemampuan fisik anak untuk berdiri dan berjalan bisa dirangsang dengan mainan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 mainan yang dapat membantu mendorong kemampuan bayi untuk berdiri.

1. Musical table activity center

Mainan ini berbentuk meja dengan berbagai mainan yang menempel di atasnya. Terdapat tombol-tombol di mainan tersebut yang jika ditekan akan menghasilkan bunyi dan musik.

Bayi harus berdiri ketika ingin memainkan ini. Makanya, dikutip dari Oh My Googoogaga, mainan bayi yang satu ini menjadi favorit untuk mendukung anak agar mau berdiri.

Selain itu, beberapa mainan yang ada di meja ini juga unik dan menyenangkan untuk bayi. Berdiri ketika menggunakan mainan ini dapat memperkuat kaki bayi untuk berdiri lho.

5 Mainan Bayi untuk Bantu Si Kecil Belajar Berdiri dan BerjalanIlustrasi mainan bayi/ Foto: iStock
2. Pull toy

Mainan yang ditarik yang berbentuk hewan juga dapat memicu keinginan anak untuk berdiri dan berjalan. Saat ini sudah banyak yang menjual pull toy berbentuk hewan-hewan peliharaan, seperti kuda, kelinci, dan anjing.

Bayi mungkin akan menganggap mainan ini sebagai hewan peliharaannya, Bun. Sehingga, ini akan memotivasi bayi untuk berdiri dan berjalan dengan hewan mainannya itu.

3. Push toy

Push toy alias mainan dorong juga akan membantu anak untuk berdiri dan berjalan. Bayi akan belajar untuk berdiri seimbang dengan memegang mainannya itu. Si kecil akan berkeliling-liling ruangan dengan mendorong mainannya ini.

Bunda bisa memilih push toy berbentuk hewan kesukaan anak. Sekarang juga banyak push toy yang ada tombol-tombol serta musik, disebut sebagai activity walker.

Sehingga, sambil latihan berdiri dan berjalan, bayi bisa mempelajari hal lain. Misalnya, push toy yang terdapat rattle di dalamnya.

Dengan mainan ini, bayi akan belajar tentang proses sebab dan akibat. Ketika bayi berjalan sambil mendorong, mainan ini akan mengeluarkan suara.

4. Jumper

Jumper merupakan mainan bayi berbentuk tempat duduk dengan empat kaki untuk menopangnya. Jumper memungkinkan bayi untuk berdiri dan melompat dengan leluasa.

Dikutip dari What to Expect, mainan bayi yang satu ini dapat membantu si kecil untuk berdiri tanpa pegangan. Ini akan berguna untuk melatih otot-otot kakinya.

Tapi, Bunda perlu mengawasinya selama berada di jumper ini ya. Pilih jumper dengan berbagai permainan dan aktivitas supaya bayi anteng di jumper-nya.


5. Stand up toys

Stand up toys yang berupa pegangan untuk si kecil dipasang sepanjang dinding. Mainan ini terbuat dari besi yang tidak tajam dan dipasangkan mainan-mainan berupa cincin berwarna-warni.

Mainan ini bisa memotivasi bayi untuk berdiri dan meraih mainan-mainan tersebut. Besi yang dipasang di dinding, menjadi pegangan untuk bayi yang sedang berusaha berdiri seimbang.

Bunda dan Ayah bisa membuat mainan ini sendiri di rumah dengan memasang besi. Gantungkan mainan-mainan kesukaan anak supaya lebih menarik.

Jangan lupa selalu pantau bayi ketika menggunakan mainan tersebut. Semoga daftar mainan ini bermanfaat untuk si kecil belajar berdiri dan berjalan ya, Bun.

Bunda, simak cara memilih mainan anak sesuai usianya berikut ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi