parenting

Isi Wajib Tas si Kecil Saat Ikut Wisata Alam

Radian Nyi Sukmasari Senin, 10 Jul 2017 14:02 WIB
Isi Wajib Tas si Kecil Saat Ikut Wisata Alam
Jakarta - Mengikutkan anak acara wisata alam misalnya Jambore bisa jadi salah satu cara melatih anak mandiri dan bergaul dengan anak-anak lain. Ketika Bunda mengikutkan anak di acara seperti itu, pastinya ada barang-barang yang mesti dibawa oleh anak ya Bun.

Dalam mengikuti acara seperti ini, peralatan yang Bunda bawakan penting diperhatikan. Sehingga, anak bisa mengikuti acara wisata alam tersebut dengan lancar. Untuk obat-obatan anak, biasanya penyelenggara akan memint rekam medik anak. Diungkapkan perawat dari Medic Ciawi Adventure, rekam medik anak penting untuk tahu apa sih obat yang nggak cocok diberikan ke anak dan apa yang bisa diberi ke mereka, sesuai kondisi kesehatannya.

"Memang awal kita observasi dulu. Untuk pemberian obat, kita sesuaikan dengan rekam medik. Untuk penanganan pertama kita kasih obat yang memang kandungannya sama, meskipun obat yang ada merknya berbeda," kata Aini yang merupakan salah satu tim medis dalam acara Jambore Si Bolang 2017 di Lembur Pancawati, Bogor, Jawa Barat.


Nah, dirangkum HaiBunda, supaya anak bisa mengikuti rangkaian acara wisata alam dengan lancar, ini dia Bun barang-barang yang perlu dibawa di tas si kecil.

Isi wajib tas anak saat ikut wisata alamIsi wajib tas anak saat ikut wisata alam/Foto: Infografis


Bawakan anak pakaian yang nyaman ya Bun. Ukurannya pas dan bahannya yang menyerap keringat, mengingat anak akan banyak beraktivitas ketika mengikuti acara. Untuk jumlah pakaian ganti, sesuaikan dengan berapa malam acara berlangsung dan jika mau membawa satu pasang pakaian lebih boleh juga Bun, untuk berjaga-jaga. Sesuaikan juga bahan pakaian dengan udara di tempat acara ya Bun. Misalnya jika lokasi acara di daerah dingin, jangan lupa bawakan anak jaket. Topi juga penting nih Bun karena beraktivitas di luar ruangan bakal bikin anak terpapar sinar matahari.

Isi wajib tas anak saat ikut wisata alamIsi wajib tas anak saat ikut wisata alam /Foto: Infografis


Pakaikan anak sepatu yang nyaman dan pas ukurannya ya Bun. Lengkap juga dengan kaos kakinya karena ini akan membuat anak nyaman dalam perjalanannya menjelajah alam. Sandal jepit juga penting lho Bun dibawa. Untuk mandi, wudhu atau sekadar pergi ke tempat yang nggak jauh dari lokasi acara sandal jepit akan memudahkan langkah si kecil.

Isi wajib tas anak saat ikut wisata alamIsi wajib tas anak saat ikut wisata alam/ Foto: Infografis


Obat pribadi penting dibawa anak terutama kalau anak punya kondisi khusus seperti asma atau kelainan jantung. Untuk obat demam, diare, pusing, atau mual muntah juga boleh dibawa di tas anak. Meski, biasanya tim medis pun sudah menyiapkan berbagai obat sebagai pertolongan pertama untuk anak. Kalau wisata alam yang diikuti anak bertema kemah seperti Jambore Si Bolang, bawakan juga losion anti nyamuk sebagai antisipasi anak tak digigit nyamuk Bun.

Isi wajib tas anak saat ikut wisata alamIsi wajib tas anak saat ikut wisata alam /Foto: Infografis


Mengingat anak banyak beraktivitas, boleh saja Bunda membawakan anak snack favoritnya. Memang, snack umumnya juga sudah disediakan pihak penyelenggara. Tapi, kadang kan ada ya Bun snack yang kurang cocok alias kurang disukai anak. Nah, snack favorit si kecil bisa Bunda bawakan untuknya sebagai makanan selingan.

Isi wajib tas anak saat ikut wisata alamIsi wajib tas anak saat ikut wisata alam /Foto: Infografis


Untuk mandi, bawakan juga anak handuk dan toiletris seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, dan sampo. Kalau habis mandi anak terbiasa memakai bedak, minyak kayu putih atau minyak telon, bahkan parfum untuk anak, nggak apa-apa Bun dibawakan. Sisir juga dibawa ya Bun, terutama untuk anak-anak perempuan nih. Kantong kresek atau tote bag perlu Bunda bawakan juga untuk wadah pakaian kotor anak.

Isi wajib tas anak saat ikut wisata alamIsi wajib tas anak saat ikut wisata alam /Foto: Infografis


Bagi yang beragama muslim, jangan lupa bawakan anak alat salat lengkap dengan sajadahnya Bun. Dengan begini, meski sedang di luar rumah pun anak bisa tetap rutin beribadah sehingga mereka terbiasa. Untuk anak laki-laki, jika ia minta dibawakan peci, boleh juha lho Bun. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi