sign up SIGN UP search


parenting

Kita Nggak Perlu Paksa Anak Habiskan Makan Sampai Berjam-jam, Bun

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 26 Jul 2017 12:21 WIB
Kadang kita memaksa anak makan meski dia butuh waktu berjam-jam menghabiskannya. Ternyata ini nggak disarankan, Bun. caption
Jakarta - Makanan si kecil belum habis nih. Karena khawatir, kita pun sering nggak sadar memaksa anak untuk menghabiskan makanannya ya, Bun. Bahkan, sampai berjam-jam. Ternyata itu nggak dianjurkan lho Bun.

Memang ya Bun, kita sering cenderung takut anak kurang gizi. Akibatnya, tanpa disadari kita maksa anak menghabiskan makanannya walaupun akan memakan waktu berjam-jam, demikian disampaikan dr Sandra Darmawan SpA dari RS Mayapada Lebak Bulus.

"Kalau begitu, proses makan jadi proses yang merupakan penderitaan bagi anak. Kalau anak nggak mau makan dan sudah 30 menit, sudah stop menyuapi dia. Nanti coba lagi pas waktu makan berikutnya," kata dr Sandra dalam Live Chat 'Si Kecil Kok Susah Makan Ya?' yang digelar HaiBunda dan detikForum bekerja sama dengan Mayapada Health Care Group di kantor detikcom, Jl Kapt Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Nah, kalau Bunda udah telanjur menerapkan waktu makan berjam-jam demi anak menghabiskan makanannya, kata dr Sandra ini masih bisa diubah tapi butuh kesabaran kita yang luar biasa nih Bun.

Selain itu, penting juga kalau kita memahami tentang selera makan anak. Ketika anak butuh waktu berjam-jam untuk bisa menghabiskan makanannya, dr Sandra mengingatkan kita perlu menganalisis dulu apa sih masalah anak pas makan. Apakah kita pernah melakukan pemaksaan pada anak supaya mau makan misalnya?

"Kalau memang itu terjadi, stop sekarang juga ya Bun. Jangan memaksa anak makan. Terus, perhatikan preferensi atau kesukaan si kecil apa," tambah dr Sandra.

Bunda bisa mulai ngasih makanan kesukaan anak. Lalu, coba tawarkan makanan lain di luar makanan yang biasa dikasih ke si kecil. Contohnya nih Bun, anak doyan makanan yang gurih. Nah, kita bisa coba makanan dengan cita rasa gurih biar si kecil lebih tertarik untuk mencoba.

Terus, jangan putus asa ya Bun. Kata dr Sandra, untuk mengenalkan segala sesuatu yang baru ke anak, termasuk makanan, kadang diperlukan 15-25 kali percobaan. Ingat juga ya Bun, anak usia 6 bulan sudah bisa merasakan makanan yang enak dan nggak enak lho. Makanya, kita juga perlu membuat makanan anak yang ada rasanya, misalnya dengan memberikan garam dan gula secukupnya. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi