parenting

Bisa Dicoba Bun, Tips dari Bu Dokter Agar Anak Lahap Makan

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 26 Jul 2017 15:57 WIB
Bisa Dicoba Bun, Tips dari Bu Dokter Agar Anak Lahap Makan
Jakarta - Melihat si kecil lahap makan, tanpa harus ada 'drama' sebelumnya seperti ada pemaksaan agar anak mau membuka mulut atau si kecil nangis dulu sebelum akhirnya mau makan, pasti menyenangkan ya Bun. Nah, supaya anak bisa lahap makan, ada tips dari Bu Dokter nih yang bisa kita lakukan.

"Agar dia lahap, jangan lupa jadikan proses makan itu proses yang menyenangkan," kata dr Sandra Darmawan SpA dari RS Mayapada Lebak Bulus dalam Live Chat 'Si Kecil Kok Susah Makan Ya?' yang digelar HaiBunda dan detikForum bekerja sama dengan Mayapada Health Care Group di kantor detikcom, Jl Kapt Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2017).

Proses makan yang menyenangkan, jangan jadi ajang adu kekuatan antara kita sama si kecil ya Bun. dr Sandra bilang, anak-anak yang belum bisa melawan orang tuanya atau belum mampu menunjukkan sikap nggak mau makan, justru bisa melakukan GTM alias Gerakan Tutup Mulut lho Bun.


Nggak cuma itu, ketika anak tetap dipaksa buka mulut hingga akhirnya makanan masuk ke mulutnya, anak bisa memuntahkan makanannya. Gangguan perilaku juga trauma pada proses makan juga bisa terjadi lho Bun kalau proses makan nggak menyenangkan buat dia. Misalnya, baru melihat sendok aja anak udah nangis bahkan ketakutan.

Jangan lupa juga Bun, keterampilan kita dalam mengolah makanan baik dari segi rasa maupun variasinya juga berpengaruh lho pada selera makan anak sehingga anak lahap atau nggak pas makan. Kalau Bunda merasa kurang memvariasikan makanan anak, coba deh Bun, cari inspirasi menu makanan anak yang lezat, misalnya dari buku atau website.

Untuk memberi rasa pada makanan anak, kata dr Sandra kita boleh kok memberi garam dan gula, tapi secukupnya aja ya Bun. Selain itu, kita perlu ingat juga nih Bun kalau semua manusia termasuk anak-anak bisa memiliki saat di mana nggak terlalu berselera untuk makan.

Yuk, Bun ciptakan suasana makan yang menyenangkan untuk makan supaya dia bisa lahap makan tanpa harus didahului dengan 'drama' sebelumnya. (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi