sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Tasya Kamila Atasi Anak Tantrum, Tarik Napas hingga Jelaskan pada Anak

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 11 Aug 2022 20:16 WIB
Cara Tasya Kamila Atasi Anak Tantrum caption
Jakarta -

Menghadapi Si Kecil yang tantrum ternyata juga pernah dirasakan oleh mantan penyanyi cilik Tasya Kamila, Bunda. Ia bahkan mengaku sampai sering curhat ke psikolog, Bunda.

"Kayaknya Mbak Sasky (Psikolog Anak) sudah sering banget aku curhatin ya kalau Arrasya sudah mulai tantrum. Dan di setiap berbeda usia, dia sudah mulai belajar meregulasi emosinya, tapi tetap saja ada tantangan-tantangannya," kata Tasya Kamila dalam acara Nutrilon Winning Window The Winners League: Bekal untuk Menang, beberapa waktu lalu.

"Tantrumnya bisa beda-beda alasannya dan cara dia mengekspresikan emosinya bisa beda-beda banget," sambungnya kemudian.


Tantrum sendiri merupakan kondisi emosional anak yang kerap ditunjukkan dengan berbagai cara. Mulai dari tangisan, teriakan, anggota badan yang kaku, punggung melengkung, menendang, jatuh, memukul, hingga melarikan diri.

Mengutip dari laman Kids Health, dalam beberapa kasus, ada anak-anak yang menunjukkan tantrum dengan cara ekstrem, Bunda. Misalnya saja menahan napas, muntah, memecahkan barang-barang, atau menjadi agresif.

Hal ini tentunya tidak mudah bagi setiap orang tua, khususnya seorang Bunda. Namun, Bunda tetap harus mengerti Si Kecil dan mencari tahu apa penyebabnya.

Tantrum biasanya umum terjadi pada anak usia 1 hingga 3 tahun. Dalam fase ini, keterampilan sosial dan emosional anak baru mulai berkembang. Anak kerap tidak memiliki kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan emosinya yang meluap.

Tips Tasya Kamila atasi anak tantrum

Sebagai Bunda baru, Tasya Kamila sudah mengalami masa-masa tantrum pada sang anak, Arrasya, Bunda. Lantas bagaimana Tasya mengatasi hal ini? Berikut ini Bubun bantu rangkumkan beragam tips yang diberikan Tasya kepada Bunda.

1. Tarik napas

Bagi Tasya Kamila, momen tantrum sang anak bisa menjadi sebuah pelajaran dalam pengelolaan emosi orang tua. Karena itu, sebelum menghadapi anak yang tantrum, Bunda harus bisa menenangkan diri terlebih dahulu.

"Aku rasa momen tantrum anak juga momen kita belajar untuk mengelola emosi kita dahulu. Jadi aku rasa yang pertama harus dilakukan adalah kitanya dahulu yang harus kayak tarik napas, i got this, kitanya dulu yang tenang. Mantra-mantra yang untuk nenangin kita dulu," imbuh Bunda yang sedang menjalani kehamilan keduanya ini.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Intip juga video aktivitas untuk kembalikan mood anak pasca-tantrum berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS TASYA KAMILA ATASI ANAK TANTRUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!