parenting

Bunda Perlu Tahu, Sederet Manfaat Berkebun bagi si Kecil

Joko Supriyanto Selasa, 01 Aug 2017 16:59 WIB
Bunda Perlu Tahu, Sederet Manfaat Berkebun bagi si Kecil
Jakarta - Punya sedikit area kosong di halaman Bun? Yuk jadikan kebun kecil saja. Kita bisa menanam buah, sayur atau tanaman hias. Nah, jangan lupa ya Bun, saat berkebun ajak juga si kecil ya. Soalnya berkebun itu manfaatnya banyak lho buat anak.

Dikutip dari laman Washington Post, beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tubuh yang dekat dan bermain dengan yang kotor-kotor bisa memperbaiki kesehatan mental dan fisik anak-anak. Nggak cuma itu, berkebun bisa membantu anak-anak membakar energi ekstra dan mengendalikan impuls mereka dan mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Bahkan anak-anak yang diajak berkebun untuk menanam dan memanen sayuran dan buah, secara sukarela juga mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Hmm, bisa jadi solusi bagi anak yang malas makan buah dan sayur kan, Bun?


"Ketika anak saya berusia 4 tahun, dia sangat senang saat saya ajak ke luar rumah dan bermain di halaman rumah. Anak saya langsung menggambar-gambar sesuatu di tanah. Rangsangan alami yang berada di luar tampaknya menambah pikiran mempraktikkan disiplin diri. Rangsangan ini memberi energi kembali pada bagian otak yang mengendalikan konsentrasi," kata Rosanna, ibu yang gemar berkebun saat diwawancarai Washington Post.

Setuju banget dengan bunda Rosana. Berkebun merupakan aktivitas luar ruangan yang menyehatkan. Dari sini, anak bisa mengenali berbagai tanaman yang ada di kebun.

"Kebanyakan dari kita memiliki gangguan aktivitas dan akan lebih sehat jika kita bisa mengatasi gangguan tersebut dengan menghabiskan lebih banyak waktu di lingkungan luar," kata Robert Zarr, pendiri Park Rx America dan seorang dokter anak.

Dengan berkebun, anak juga bisa belajar menyiram tanaman dan membersihkan semak-semak. Dari berkebun, anak juga membangun kemampuannya untuk fokus, mengelola informasi dan bereaksi terhadap situasi. Misalnya, dia dengan cepat mengetahui bahwa air yang digunakan untuk menyiram bisa meluap jika tidak diperhatikan. Selain itu anak yang lebih besar dapat mengambil tanggung jawab atas ruang hijau mereka sendiri.

Sementara itu Bun, dikutip dari Daily Mail, peneliti dari University of California menemukan bahwa berkebun dapat membantu mencegah anak mengalami kegemukan. Bahkan, anak yang kelebihan berat badan lalu diajak mengikuti kelas berkebun cenderung mengalami penurunan bobot yang signifikan hanya dalam kurun satu tahun saja. Luar biasa ya, Bun.

Jadi nggak usah ragu lagi ya, Bun, mengajak anak berkebun. Tapi setelah berkebun jangan lupa cuci tangan pakai sabun atau mandi saja sekalian agar kuman yang menempel hilang semua. (jos)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi