parenting

Curhat Ratna Galih Saat Bawa 5 Anaknya Jalan-jalan: Pusing tapi Fun

Asri Ediyati Jumat, 09 Aug 2019 11:31 WIB
Curhat Ratna Galih Saat Bawa 5 Anaknya Jalan-jalan: Pusing tapi Fun
Jakarta - Usai melahirkan anak kembarnya, Ratna Galih kini resmi menyandang status ibu lima anak. Wah, untuk ukuran ibu-ibu zaman sekarang, punya lima anak itu sudah termasuk banyak ya, Bun. Tak sedikit para penggemarnya menanyakan Ratna Galih di media sosial. Kebanyakan dari mereka bertanya, 'Bagaimana kalau pergi bawa lima anak?'

Untuk menjawab banyak pertanyaan yang berulang, Ratna Galih langsung curhat melalui unggahan foto di akun Instagram-nya. Ratna bercerita, setiap ia pergi membawa lima anaknya maka ia perlu membawa tiga stroller dan dua pengasuh.

"Dibuang sayang. di DM aku rata rata nanya gimana kalo pergi bawa 5 anak? Kurang lebih gini, aku bawa stroller 3, helper alias nanny 2 (1 bantu liatin Shelby Diba Ben, 1 lagi bantuin buat urus yang twin) so far belum pernah rasain pergi tanpa bantuan nanny jadi bisa sharing gimana hebohnya," tulis Ratna.


Menurut Ratna, saat pergi ketiga anaknya yang sudah cukup besar selalu heboh alias enggak bisa diam, Bun. Ada yang lari sana-sini, teriak dan ujung-ujungnya bangunkan si kembar. Lalu, saat mal mau tutup, Ratna sampai pernah menyusui anaknya dalam keadaan jalan karena saking kepepetnya masih ada barang yang belum terbeli.https://www.instagram.com/p/B0Z2nBRH4fg/

"So yah emang kalo ditanya gimana bawa 5 anak ya gini. Kaya rombongan sirkus plus berisik. Ada aja yang ngomong, atau ngadu, nangis atau bahkan aku pun yang selalu meng-absen anak anak yang lari sana sini. But so far sih fun aja," sambung Ratna Galih.

[Gambas:Instagram]


Ratna mengaku tak mengalami babyblues usai melahirkan anak kembarnya. Ia merasa sudah menemukan celahnya, jadi semuanya dibawa santai, Bun.

"Kalau dibilang pusing ya pusing.. tapi fun kok.. alhamdulillah pusingnya enggak nyampe bikin emosi.. abang-abang kayaknya mulai pengertian lihat mommy-nya yang super duper kurang tidur dan capek.." kata Ratna Galih.

Kata Ratna Galih, anak-anak tetaplah anak-anak, bikin berantakan, berisik itu wajar. Lebih baik sebagai ibu, kita menyimpan energi untuk yang lebih penting daripada marah-marah.

"Jadi by the end of the day.. ya tinggal beresin lagi aja (barang yang berantakan) daripada ngomel yang ujung-ujungnya sama-sama buang tenaga. Anak-anak dikasih tahu baik-bai tapi sering lama-lama ngerti inshaAllah dan jangan gengsi minta bantuan orang, kita bukan superhero atau supermom yg bisa handle semua sendiri lho," ujarnya.

Betul apa yang dikatakan Ratna Galih ya, jangan sungkan untuk cari bantuan saat mengurus anak selain suami. Dr.Kedar Tilwe, konsultan psikiater di Department of Mental Health and Behavioural Sciences, Fortis Health Care, ketika Bunda merasa stres, coba minta masukan dari keluarga atau teman. Menurut Tilwe, cara tersebut akan memberi sudut pandang berbeda dan seringnya, para ibu bisa mendapat solusi dari masalah yang dia alami.

"Umumnya stres muncul ketika Bunda merasa tak ada yang membantu. Karena itu, coba belajar berbagi tanggung jawab dengan pasangan atau minta bantuan dan dukungan mereka," kata Tilwe dikutip dari Pink Villa.

Dengan kata lain, Bunda mesti sadar tidak sendirian dan jangan sungkan meminta bantuan orang terdekat, terutama pasangan atau keluarga.

Simak juga cerita Ratna Galih yang mundur sementara dari dunia hiburan demi fokus urus anak.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi