parenting

3 Teknik Pernapasan agar Anak Kembali Rileks Sepulang Sekolah

Melly Febrida Selasa, 14 Jan 2020 15:46 WIB
3 Teknik Pernapasan agar Anak Kembali Rileks Sepulang Sekolah Ilustrasi melatih teknik pernapasan agar anak kembali rileks/ Foto: iStock
Jakarta - Anak-anak juga bisa merasa lelah, stres, atau cemas, Bunda. Agar kembali ceria dengan cepat dan mudah, anak-anak perlu merasa santai dan tenang. Salah satu caranya dengan melakukan beberapa teknik pernapasan.

Biasanya, anak-anak mengeluh capek saat pulang sekolah karena beraktivitas seharian, baik di dalam maupun di luar kelas. Dan terkadang, Bunda langsung memintanya mengerjakan sesuatu seperti makan atau mengerjakan PR.


Nah, sebelum itu, sebaiknya Bunda membiarkan si kecil merasa rileks lebih dahulu. Penulis buku anak, Elinor Greenwood, dalam buku My Mixed Emotions: Learn to Love Your Feeling, berbagi tips dan teknik agar anak-anak dengan mudah rileks melalui pernapasan. Berikut tekniknya:


1. Mencium aroma bunga dan meniup lilin

Greenwood menjelaskan, menarik napas melalui hidung dengan menghitung hingga empat, kemudian mengeluarkan melalui mulut hingga hitungan keempat. Saat menarik dan membuang napas, anak-anak seakan menyium bunga.

"Berpura-pura mencium aroma bunga, kemudian tiuplah lilin," kata Greenwood.

Menurut dia, tarik napas dan buang napas dengan teknik ini akan membuat anak merasa tenang. Teknik ini pun bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Ilustrasi ibu dan anakIlustrasi ibu dan anak/ Foto: iStock


2. Napas perut

Dengan teknik napas ini, anak-anak dilatih untuk menarik napas dalam, tahan napas sambil tersenyum, kemudian lepaskan.

"Teknik napas perut caranya, letakkan tangan di atas perut dan rasanya mengembang seperti balon, ketika pelan-pelan menarik napas melalui hidung," ujar Greenwood.

3. Napas bintang

Greenwood bilang, teknik napas seperti ini bisa dilakukan ketika anak kecewa atau marah. Dengan napas yang lembut dan perlahan bisa membuat anak lebih tenang.

Caranya, kata Greenwood, tarik napas dan tahan dua detik, lalu lepaskan. Teknik ini bisa dilakukan berulang kali. Saat bernapas, gunakan jari seakan menggambar bintang.

Tentang membuat anak rileks, bisa juga dari sentuhan Bunda lho. Psikolog Vera Itabiliana mengatakan, banyak penelitian yang membuktikan bahwa sentuhan ibu memiliki manfaat luar biasa.

"Jadi dengan menyentuh, anak merasa terhubung dengan ibu. Dengan sentuhan itu, anak juga merasa rileks, santai. Kalau dia rileks, proses belajarnya lebih jalan," kata Vera kepada HaiBunda.


Bunda, simak juga manfaat latihan balet untuk kecerdasan otak anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi