parenting

4 Tips Agar Membaca Jadi Lebih Menyenangkan untuk si Kecil

Joko Supriyanto Jumat, 18 Aug 2017 14:29 WIB
4 Tips Agar Membaca Jadi Lebih Menyenangkan untuk si Kecil
Jakarta - Main game boleh-boleh saja, tapi jangan sampai bikin kebiasaan ini bikin si kecil malas membaca. Soalnya dengan membaca, anak bisa menambah pengetahuannya.

Annemarie B. Jay, Ph.D., dari Universitas Widener, di Chester, Pennsylvania menuturkan orang tua tidak hanya penting untuk mengajari anaknya belajar membaca, tetapi juga agar menyukai kegiatan membaca. Dengan begitu anak gemar meng-upgrade pengetahuannya melalui membaca.

Nah, agar anak suka membaca, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan:


1. Menceritakan Isi Buku

Hal pertama yang bisa Bunda lakukan agar anak suka membaca adalah jangan paksakan dia untuk membaca. Pertama, Bunda bisa melakukan dengan cara menceritakan buku bacaan kepada anak. Lalu ceritakanlah terkait buku yang anak sukai. Nah, bisa juga untuk tahap awal Bunda ceritakan tentang cerita rakyat kepada anak.

Rachel Payne, koordinator layanan anak usia dini di Perpustakaan Umum Brooklyn, merekomendasikan permainan menebak kata. Permaianannya mudah, siapkan beberapa kata nama hewan atau apapun, sebar dan sembunyikan kata yang sudah dibuat, kemudian Bunda dan anak mencari kata tersebut. Setelah menemukannya uraikanlah kata tersebut dalam bentuk cerita lisan.

Baca juga: Kecerdasan Anak Nggak Cuma Kecerdasan Logika Matematika Lho

2. Ikuti Plot Cerita

Jika anak Bunda tidak memahami apa itu cerita, dia cenderung menganggap membaca sebagai tugas. Dengan melibatkan anak dalam buku saat Bunda bersamanya, Bunda dapat membantunya mengikuti alur cerita dan menemukan maknanya.

Bunda juga bisa menanyakan ke anak: 'Menurut kamu apa ceritanya?', 'Apa yang akan terjadi ya?' dan 'Menurut kamu apa yang akan dilakukan si karakter?'.

"Pertanyaan seperti ini membantu anak-anak memprediksi ceritanya, sementara ilustrasi sering memberi mereka petunjuk tentang apa isi cerita yang ada dalam buku tersebut," kata Kathy Barclay, Ed.D., seorang spesialis sastra di Western Illinois University, di Macomb.

Barclay menyarankan untuk membaca buku nonfiksi yang mencerminkan hasrat anak Bunda, seperti truk pemadam kebakaran, dinosaurus, peri-peri, puteri kerajaan atau bajak laut.

Baca juga: 6 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan

3. Pilih Kata yang Tepat untuk Anak

Membangun kosakata yang luas sangat penting untuk pemahaman membaca. Ini dapat dilatih di rumah maupun di sekolah. Salah satu cara untuk memperluas kosakata anak adalah dengan membacakannya secara keras dan jelas kepadanya, juga memilih buku yang beberapa tingkat di atas kelasnya.

"Dia akan mendapatkan bank pengetahuan dengan kata-kata yang luas. Pada akhirnya ketika dia menemukan pengetahuan yang baru terkait bacaan, maka anak tidak akan menganggap hal itu adalah hal baru dan menganggapnya biasa," kata Barclay.

Temukan buku yang cenderung menawarkan kata-kata unik dan mudah anak pahami. Berilah bacaan dari puisi, dongeng, novel anak, dan majalah bergambar yang membuat anak lebih tertarik untuk membacanya.

Baca juga: Memahami Anak yang Gemar Cari Perhatian dari Lingkungan Sekitar

4. Biarkan Anak Membaca dengan Suara Keras

Judy Cheatham, Ph.D., wakil presiden layanan keaksaraan di kelompok nirlaba Reading is Fundamental
menyarankan anak-anak melakukan kegiatan membaca di tempat yang sepi dan tenang. Ini penting agar anak lebih memahami konten yang dia baca.

Jangan khawatir jika anak membaca buku yang sama berulang-ulang ya, Bun. Karena anak akan mendapatkan keuntungan familiar dengan kata-katanya. Jika anak sangat ingin membaca dengan keras sebaiknya juga kita biarkan saja. Sebab dengan membaca keras akan mempengaruhi intonasi suara anak dan melatih pengucapan anak. (jos)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi