sign up SIGN UP search


parenting

Pentingnya Tumbuhkan Minat Baca Anak di Masa Pandemi, Bunda Perlu Tahu

Annisa Afani Minggu, 30 Aug 2020 19:19 WIB
Mother and daughter reading book on the floor. caption
Jakarta -

Sejak adanya anjuran di rumah saja selama pandemi Corona, Bunda mungkin merasa si kecil punya banyak waktu luang. Meski bahagia bisa seharian bersama Bunda, tidak jarang anak terlihat bosan dengan aktivitas sehari-hari.

Untuk mengusir rasa bosan tersebut, Bunda bisa lho mengajaknya mengisi waktu dengan membaca buku anak bersama-sama. Karena seperti Bunda tahu, kegiatan positif ini memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak.

Tidak hanya melatih dan meningkatkan kemampuanĀ anak untuk membaca, serta memahami makna tulisan, kegiatan ini tentunya juga sebagai upaya membangun minat anak pada buku bacaan.


"Seperti yang kita tahu, mungkin anak akan tetap sekolah dari rumah sampai akhir tahun. Nah, untuk mengisi waktunya agar tidak bosan, ajak anak untuk membaca bersama," kata Hana A. Satriyo, Deputy Country Representative The Asia Foundation Indonesia, dalam seminar Membangun Kelentingan Keluarga & Komunitas dalam Masa Pandemi COVID-19 secara daring, Minggu (30/8/2020).

Perlu diketahui juga nih, Bunda. Kegiatan membaca tidak hanya dilakukan dengan buku fisik yang biasa dipegang dengan tangan. Karena dengan kemajuan teknologi yang memudahkan saat ini, Bunda juga bisa menemukan beragam buku dengan kualitas baik dari aplikasi ponsel pintar atau situs tertentu.

Happy mother and little daughter reading book, sitting on comfortable couch in living room, smiling mum teaching little girl child, family spending weekend at home together, children educationAnak membaca/ Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

"Kalau anak tampak sedang menggunakan ponsel pintar, orang tua mesti memperhatikan dan mengajarkan. Jangan sampai ia hanya memanfaatkan ponsel untuk game atau nonton video saja. Ayo kenalkan dan ajak ia untuk membaca dari aplikasi penyedia bacaan anak," tambahnya.

Kemampuan, keterampilan dan minat anak dalam membaca memang menjadi hal penting yang harus dimiliki lho, Bunda. Karena dengan begitu, anak akan lebih mudah dalam menerima, mengolah, serta menambah wawasan dan pengetahuan dalam kegiatan belajarnya sehari-hari.

Bunda, simak juga cara menambahkan minat baca anak di masa new normal dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi