parenting

Begini Caranya Agar Anak Bisa Belajar Banyak Hal dari Memasak

Joko Supriyanto Minggu, 20 Aug 2017 13:44 WIB
Begini Caranya Agar Anak Bisa Belajar Banyak Hal dari Memasak
Jakarta - Siapa sangka jika dari kegiatan memasak ternyata banyak hal yang bisa anak pelajari lho. Iya, memasak dengan anak bisa memberi banyak pengalaman belajar yang bermanfaat.

Seperti dijelaskan Trigger Nurseries kepada smallsteponline.co.uk, ada beberapa bidang pembelajaran yang bisa disampaikan kepada anak saat mengajak mereka memasak di dapur. Jadi nggak cuma sekadar mencuci dan mengiris sayur serta menggoreng telur saja yang anak ketahui. Di balik kegiatan itu ada banyak hal yang bisa jadi informasi berharga untuk anak.

"Memasak bagi anak dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan yang berharga, sekaligus menunjukkan bagaimana membuat resep enak dan lezat," kata Kathy Power, ahli gizi pada program televisi Hey Kids, Let's Cook.


Berikut ini ada beberapa manfaat yang didapat anak dari kegiatan memasak, seperti dikutip dari smallstepsonline.

1. Matematika

Memasak memberikan kesempatan bagus untuk membantu anak belajar kosakata matematis. Anak bisa mempelajari frase seperti "lebih dari" atau "kurang dari" dan juga tentang menimbang bahan masakan.

Kita juga bisa membiarkan anak merasakan satu kantong gula ukuran 1 kg untuk merasakan seberapa beratnya. Lalu lanjutkan dengan bungkusan-bungkusan lainnya untuk membantu mengembangkan keterampilan estimasi atau perkiraan.

Anak akan mendapatkan pengalaman dalam menghitung dan mengenali angka. Dengan penggunaan pemotong yang berbeda, anak juga bisa mempelajari berbagai bentuk 2 dimensi.

Bunda juga bisa mendiskusikan berapa banyak sudut atau sisi bentuk potongan sehingga anak akan belajar sifat dari berbagai bentuk. Selain itu, dengan memasak anak juga bisa belajar tentang waktu.

Baca juga: Trik Fachri Albar Punya Quality Time dengan Anak Meski Sibuk

2. Kemampuan Bahasa

Di sini Bunda dapat membantu anak untuk belajar banyak kata dan konsep baru melalui diskusi saat sedang memasak. Tunjukkan pada anak resepnya dan ajarkan anak mengikuti langkah yang ada dalam resep tersebut.

Anak-anak bisa mempelajari nama bahan dan kata-kata seperti saringan, kocokan, aduk-aduk, gulung dan lumerkan. Anak juga akan mengetahui banyak jenis makanan yang sebelumnya mereka tidak ketahui. Keuntungan utamanya adalah anak akan dapat berkomunikasi secara tepat dengan mendengarkan arahan dari Bunda.

3. Ilmu Pengetahuan

Dalam memasak pun anak bisa belajar sains. Misalnya terkait konsep perubahan bahan. Contohnya nih, campuran kue yang cair dapat menjadi padat, cokelat akan meleleh apabila dipanaskan, serta beras yang keras dapat lunak ketika dimasak.

Memasak memberikan kesempatan bagus untuk mendiskusikan dari mana makanan berasal. Anak-anak bisa belajar banyak hal melalui pertanyaan yang diangkat di dapur, termasuk apa yang perlu mereka makan agar tetap sehat.

Baca juga: Aplikasi Ini Bisa Bikin Kegiatan Mengasuh Anak Lebih Mudah

4. Keterampilan Fisik


Penting untuk membiarkan anak Anda melakukan sebanyak mungkin tugas memasak (tidak termasuk yang berbahaya seperti memegang pisau yang tajam). Berilah anak tugas seperti memegang sendok, mencampur, menghaluskan (media cobek), menuangkan, menggulung atau memotong. Ini akan membantu mengembangkan keterampilan motorik anak.

Selain itu kita juga bisa meminta anak untuk mencium dan merasakan hasil racikannya. Anak jadi tahu kan aroma berbagai bahan makanan.

5. Perkembangan Emosional dan Sosial

Makanan adalah pengantar komunikasi yang sangat bagus. Anak-anak dapat belajar untuk berbagi dan bergiliran, terutama jika mereka membuat suatu makanan dengan teman atau saudara. Kemudian saat memasak usai, Bunda, anak dan yang lain akan duduk dan menikmati makanan bersama.

Baca juga: Ide Weekend: Jalan ke Bulan dan Main di Ruantg Glow in The Dark

(jos)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi