sign up SIGN UP search


parenting

Muah! Saat si Kecil Memberi Kita 'Sun Basah'

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 26 Aug 2017 14:09 WIB
'Biar belepotan iler, Bunda senang kok, Nak dapat 'sun basah' dari kamu.' caption
Jakarta - Muah! Kecupan si kecil mendarat di pipi kita nih, Bun. Tapi, bukan sembarang kecupan, soalnya anak ngasih kita 'sun basah' yang kadang bikin pipi kita pun basah gara-gara kena air liur alias ilernya.

Memang basah sih. Tapi jujur deh, Bun. Pas si kecil melakukan itu, kita rela-rela aja kan? Malah senang banget. Walau iler anak belepotan di pipi kita sampai terasa basah-basah gimana gitu, tapi kita tetap bahagia sampai rasa bahagianya nggak bisa diungkapkan sama kata-kata.

Biasanya, anak mulai punya gaya cium yang aneh-aneh termasuk ngasih 'sun basah' ini pas umur satu tahun, demikian dikatakan direktur Parenting Institute di NYU Child Study Center, Richard Gallagher, PhD. 'Sun basah', kata Richard biasanya dilakukan anak sebagai bentuk kalau selama ini dia memperhatikan apa yang dilakukan orang di sekitarnya untuk menunjukkan kasih sayang.


Bener juga ya, Bun. Bahkan kadang kita sendiri nih yang ngajarin anak untuk ngasih 'sun basah' terus senang banget kalau dia bisa melakukannya. Dikutip dari Parents, Richard menekankan kalau bayi adalah pembelajar yang handal ketika udah berkaitan sama sentuhan fisik. Dan, bunda sama ayahnya-lah sosok yang jadi contoh buatnya.

Baca juga: Cerita Rossa tentang Anak Laki-lakinya yang Romantis

Sementara, kata psikolog anak D'Arcy Lyness, PhD, di umur sekitar 1 tahun, bayi memang udah belajar tindakan kasih sayang seperti mencium. Awalnya, ini memang sebagai bentuk tindakan meniru yang dilakukan anak. Tapi, karena dia merasa apa yang dilakukan itu bisa bikin senang orang di sekitarnya, anak bakal mengulangi ngasih 'sun basah' ini, Bun.

Memang ya, kadang pas anak ngasih 'sun basah' kita senang banget dan bahkan tepuk tangan atau minta dia mengulangnya. Maka dari itu, dikutip dari Parenting, kata Lyness bayi bakal ngulang melakukan hal itu.

Soal 'sun basah' ini memang kembali lagi pada value di masing-masing keluarga. Terkait aktivitas mencium, kita juga perlu nih Bun mengajarkan ke anak bahwa mulut termasuk area pribadi yang mesti dijaga dan nggak boleh sembarang disentuh orang lain, kecuali sama orang tua dan dokter, ketika ditemani orang tua.

Tapi kalau mencium pakai bibir ke pipi orang lain, bisa aja kita biasakan ke anak kalau itu bisa dilakukan ke anggota keluarga atau kenalan bunda sama ayah, tapi ada bunda dan ayah juga di situ. Apalagi kan, Bun, kadang ada orang yang jijikan ketika ada liur menempel di pipi pas memberi 'sun basah'. Ya, walaupun yang melakukan itu adalah anak-anak. Hari ini, si kecil udah 'nge-sun basah' Bunda, belum?

Baca juga: Saat Anak Suka Menggigit, Begini Menyikapinya (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi