parenting

Cerita Dian Ayu Soal Penggunaan Gadget oleh Anak

Nurvita Indarini Jumat, 01 Sep 2017 18:19 WIB
Cerita Dian Ayu Soal Penggunaan Gadget oleh Anak
Jakarta - Dian Ayu dan sang suami, Omesh, sadar benar saat ini tidak mudah bisa menjauhkan anak sejauh-jauhnya dari gadget. Karena itu menurutnya lebih baik mengarahkan anak dalam pemakaian gadget.

"Sekarang serba gadget ya. Tapi buat Embun (nama anak pertama Dian Ayu), pemakaian gadget itu 'hadiah' tertinggi kalau dia bisa melakukan sesuatu, misalnya saat dia berhasil tidur sendiri di kamarnya," ujar Dian saat ditemui baru-baru ini.

Sebenarnya Embun memang tidak terlalu akrab dengan gadget. Namun ketika gadis kecil itu mulai sekolah, justru sekolahnya memanfaatkan teknologi demi meminimalkan penggunaan kertas. Alhasil Embun pun akrab dengan gadget dan perlengkapan elektronik lainnya.


Baca juga: Ini Dia Manfaat Membaca Buku Cerita Bareng Anak

"Jadi kalau menurutku sebaiknya diarahin aja biar anak nggak cuma nonton YouTube dan main game aja. Jadi memahamkan ke anak agar tahu fungsinya. Apalagi sekarang banyak aplikasi di gadget yang bisa digunakan untuk belajar anak," sambung Dian.

Karena itulah menurut Dian, di era sekarang ini, kita sebagai orang tua nggak bisa benar-benar mensterilkan anak dari gadget. Tapi juga jangan terlalu kendor dengan memberikan gadget tanpa pengawasan dan tanpa pengarahan.

"Jadi diarahkan saja. Karena sekarang juga ya tugas anak sekolah banyak yang menggunakan gadget," lanjut ibu dua anak ini.

Baca juga: 4 Tips Agar Membaca Jadi Lebih Menyenangkan untuk si Kecil

Meski membolehkan anaknya menggunakan gadget, Dian ternyata juga nggak lupa untuk menanamkan kebiasaan membaca buku lho. Soalnya kan biasanya nih, anak-anak yang sudah kenal gadget jadi malas baca buku.

"Kalau buku cerita sudah dibiasakan dari dulu. Setiap mau tidur baca buku cerita," imbuh Dian. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi