parenting

Anjuran Soal Bayi Menangis Ini Baiknya Nggak Usah Didengar Ya

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 15 Sep 2017 08:00 WIB
Anjuran Soal Bayi Menangis Ini Baiknya Nggak Usah Didengar Ya
Jakarta - Saat si kecil lahir, banyak sekali anjuran yang kerap mampir di telinga kita ya, Bun. Terlebih, kalau kita orang tua baru. Termasuk juga anjuran soal bayi yang menangis karena memang, bayi kan masih berkomunikasi dengan menangis ya. Eh, tapi ada satu anjuran soal bayi menangis yang baiknya nggak usah didengar, Bun.

'Biarin aja dulu bayinya nangis, biar sehat paru-parunya'. Itu adalah salah satu anjuran soal bayi menangis yang cukup sering didengar. Tapi, baiknya nggak usah didengarkan ya, Bun. Seperti kata pakar parenting Dr Howard Chilton, orang tua, terutama orang tua baru perlu mengedepankan insting mereka terkait bayinya. Apalagi, banyak anjuran yang masih saja eksis dalam keseharian tapi nyatanya bisa berbahaya buat bayi.

Soal membiarkan bayi yang menangis, Howard menegaskan ini jangan dilakukan karena kata Howard, seperti kita tahu bayi tidak memiliki 'saklar' dan sel otaknya sedang berkembang. Jadi, bayi nggak ngerti nih Bun kalau dia berada di situasi yang berbahaya atau nggak.


"Membiarkan bayi menangis dengan sengaja, sama saja mengabaikan dia. Selama itu pula bayi akan merasa ditelantarkan oleh ibunya," kata Howard dikutip dari Essential Baby.

Ketika kita membiarkan si kecil menangis, kata Howard bayi akan merasa kalau ibunya mengabaikan dia. Nah, ketika dia menangis tapi nggak ada respons, Howard bilang bayi akan berhenti menangis karena itu jadi salah satu cara mereka menyelamatkan diri dari predator.

Baca juga: Bayi Menangis karena Marah, Takut atau Sakit? Ini Cara Membedakannya

"Bayi perlu beradaptasi dengan lingkungannya setelah dia lahir karena lingkungannya saat ini berbeda sekali dengan saat dia di rahim. Yang bisa dilakukan orang tua adalah mendukungnya. Ingat, bayi bisa mengalami sesuatu yang buruk ketika kita melakukan kesalahan," tutur Howard.

Untuk itu, ia berpesan supaya para bunda dan ayah nggak gampang 'menelan' nasihat yang dilontarkan orang lain. Akan lebih bijak kalau kita memilah nasihat yang disampaikan dan jangan kesampingkan juga insting kita sebagai orang tua.

Dikutip dari detikHealth, dr Hari Martono SpA dari RSPI-Pondok Indah bilang bayi menangis tidak boleh dibiarkan karena ada yang namanya Breath Holding Spell. Kondisi ini di mana bayi menangis kejer sampai napasnya tertahan cukup lama sehingga warna mukanya membiru, hal ini dapat berisiko anak mengalami kejang, Bun.

"Menangis yang dibiarkan tidak dapat membantu menguatkan jantung dan paru bayi. Justru jika dibiarkan bisa menjadi fatal. Selain tangis bayi semakin kencang dan kejer, juga dapat menyebabkan breath holding spell. Ingat, menangis merupakan cara bayi berkomunikasi untuk mengutarakan keinginannya. Nah, kalau didiamkan dikhawatirkan bayi jadi nggak mempercayai orang tuanya sehingga hubungan orang tua dan anak jadi tidak baik," kata dr Hari.

Baca juga: Bun, Perhatikan Hal Ini ya Saat Anak Jatuh dari Tempat Tidur

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi