parenting

Kenalan Sama Bunda Uchy yang Hobi Bikin Mainan Kardus

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 22 Sep 2017 11:04 WIB
Kenalan Sama Bunda Uchy yang Hobi Bikin Mainan Kardus
Jakarta - Mainan untuk anak nggak mesti mahal. Apalagi, kalau kita memanfaatkan barang bekas kayak kardus yang masih layak pakai, itu juga bisa jadi mainan yang seru buat anak, lho. Nah, ini dia yang dilakukan bunda bernama Uchy Widya.

Bunda dari Ikal (7) dan Caca (3) ini sudah dua tahun membuat mainan dari kardus, Bun. Bentuknya pun bermacam-macam. Mulai dari kamera, perahu, kitchen set, kasir-kasiran, mesin ATM, sampai rumah dengan mesin cucinya. Unik banget ya.

Uchy bercerita, ide bikin mainan dari kardus muncul saat ada kardus bekas produk yang dia beli waktu belanja bulanan. Awalnya, kardus itu dibentuk jadi sesuatu yang simpel dan dikasih tahu ke anak-anaknya. Siapa sangka, si anak excited banget. Jadilah Uchy makin excited untuk bikin mainan dari kardus.


"Saya sendiri ikut mainan sama anak saya. Saya juga excited. Makanya besoknya anak saya ngasih inspirasi 'Ma, bikin mainan ini bisa nggak'. Saya jadi tertantang juga. Apalagi kalau lagi jalan ke toko mainan ada mainan yang dipengen anak saya, kalau bisa saya bikin sendiri ya saya bikin dari kardus," tutur Uchy waktu ngobrol sama HaiBunda di kediamannya di Depok, Jawa Barat.

Sampai saat ini, udah ratusan mainan kardus yang dibikin Uchy, Bun. Untuk mainan pelengkap, misalnya bahan makanan di kitchen set, Uchy juga membuatnya pakai flanel. Untuk mainan kardus buatan Uchy, yang paling favorit sih kamera.

Kata Uchy, udah berapa lusin dia bikin kamera itu. Ya, karena kalau ada kerabat atau anak temannya yang datang, pengen sama kamera itu, Uchy pun memberinya. Kadang, si kecil Caca yang memberikannya. 'Kan nanti Mama bisa bikin lagi', begitu alasan Caca.

Kamera dari kardus buatan bunda UchyKamera dari kardus buatan bunda Uchy/ Foto: Radian Nyi S


Baca juga: Buat Anak-anak Ini, Permainan Seru Itu Bukan dengan Gadget

Uchy sendiri maklum kenapa kamera kardus buatannya jadi yang paling menarik buat anak-anak. Menurut Uchy, selama ini anak-anak selalu melihat kamera sebenarnya dipakai bunda dan ayahnya. Nah, pas anak punya kamera sendiri, walau cuma mainan, pasti senang banget kan, Bun.

Dalam membuat mainan kardus, ada yang butuh waktu lama dan cepat. Untuk cara membuatnya pun Uchy sering mengandalkan triknya sendiri, meskipun beberapa referensi mainan juga didapat Uchy dari sumber lain. Rata-rata, mainan yang dibuat Uchy bersifat trial and error.

"Jadi kadang udah jadi, harus ada yang dibongkar lagi. Tapi nanti kalau udah jadi, wah ada kepuasan sendiri. Makanya, untuk ibu-ibu jangan takut bikin mainan sendiri. Anak akan selalu senang kok, dia happy. Ya walaupun potongannya nggak terlalu rata atau gimana, itu jadi sesuatu yang fun buat anak," kata wanita 35 tahun ini.

Apalagi, bahan kardus mudah banget ditemui kan, Bun. Membentuknya pun lebih gampang. Beda sama bahan lain misalkan triplek. Alat yang dipakai pun gampang ditemui dan rata-rata ada di rumah.

"Syukur-syukur kalau apa yang saya buat bisa jadi inspirasi. Kadang ada sih ibu yang order ke saya. Tapi namanya handmade pasti bikinnya lebih lama dan rentan rusak ya, apalagi ini dari kardus. Pernah juga ada yang pesan dari Australia atau PAUD untuk nunjukkin kalau mainan buat anak nggak harus mahal kok," kata Uchy.

Nah, ke depannya, Uchy bakal bikin tutorial membuat mainan kardus. Ada rencana mau jadikan ini sebagai bisnis?

"Ada sih, saya rencana mau mainan kardus ini dibuat massal. Tapi sekarang lagi riset juga, he he he," ujar Uchy.

Bunda mau coba juga bikin mainan dari kardus buat si kecil?

Baca juga: Adik Sering Ingin Pakai Barang Punya Kakaknya? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Bunda Uchy, ibu yang hobi bikin mainan kardusBunda Uchy, ibu yang hobi bikin mainan kardus/ Foto: Radian Nyi S
(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi