sign up SIGN UP search

parenting

Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan si Kecil Sesuai Usianya

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 10 Oct 2017 06:55 WIB
Ingin ajak si kecil melakukan pekerjaan rumah tangga? Bisa banget, Bun. caption
Jakarta - Penting bagi kita, orang tua untuk mengajarkan anak agar bisa melakukan pekerjaan rumah tangga. Menurut riset besar Harvard University yang dilakukan sejak tahun 1938 sampai sekarang, ada dua hal yang dibutuhkan seseorang untuk bisa bahagia dan sukses yakni cinta dan etos kerja.

Nah, apa cara terbaik untuk mengembangkan etos kerja pada anak? Semuanya dimulai dari rumah, Bun. Berikut, telah HaiBunda rangkum berbagai pekerjaan rumah tangga yang bisa anak lakukan berdasarkan umurnya.

1. Umur 2 Tahun


Kita bisa mengajarkan anak umur 2 tahunan merapikan mainan, mencari sepatu dan kaus kakinya, kemudian merapikannya. Lalu, kita bisa ajari si kecil untuk menaruh pakaian kotor ke tempatnya.

Nggak cuma itu, di usia 2 tahun anak juga sedikit demi sedikit sudah bisa diajari menyapu. Semua pekerjaan rumah itu pastinya harus dilakukan di bawah pengawasan kita.

2. Umur 3 Tahun

Di usia 3 tahun, anak sudah bisa diminta melakukan pekerjaan rumah tangga seperti saat usianya 2 tahunan dengan lebih intens, terutama anak bisa merapikan semua mainan dan meletakkan pakaian ke lemari dengan benar.

Di usia ini, anak perlu diajari mengorganisasi kardus mainannya. Anak juga perlu terbiasa dan diajarkan pakai perabot rumah tangga dengan benar. Pastinya, dalam menggunakannya Bunda harus tetap mengawasinya ya.

Baca juga: Pentingnya Libatkan Anak Beres-beres Rumah Saat ART Mudik

3. Umur 4 Tahun

Kita perlu mengajarkan si kecil untuk menyiapkan meja untuk makan, mengumpulkan peralatan makan yang kotor lalu menaruhnya di tempat cuci piring. Nggak lupa, ajari anak mencuci peralatan makanan yang mudah untuk dilakukan seperti sendok dan garpu.

Untuk piring dan gelas, kita bisa minta si kecil mencuci yang berbahan plastik atau melamin. Selain itu, di usia 4 tahunan anak juga perlu diajari menuang air minum ke gelas dan membuat makanan yang mudah seperti sandwich.

Baca juga: Lakukan Ini Yuk Bun Agar Anak Tak Sedih Ditinggal si Mbak ART Mudik

4. Umur 5 Tahun

Saat anak berumur lima tahun, kita perlu memastikan mereka lebih mandiri dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Di umur lima tahun, kita bisa mengajarkan mereka merapikan tempat tidur, menyiapkan meja makan dan membersihkan segala kotoran di meja setelah makan.

5. Umur 6-8 Tahun

Anak di umur segini senang banget kalau disuruh bantu pekerjaan di dapur, Bun. Di umur enam hingga delapan tahun, kita bisa mengajari anak memotong sayuran lho.

Kemudian, jangan segan mengajak anak belajar membersihkan dan mengelap piring, menyapu, mengepel lantai serta membuang sampah ke tempat sampah di luar rumah.

Selamat mencoba ya, Bun! (rdn)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!