parenting

Cara Cynthia Lamusu Menstimulasi Buah Hatinya dengan Mainan

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 19 Nov 2017 13:02 WIB
Cara Cynthia Lamusu Menstimulasi Buah Hatinya dengan Mainan
Jakarta - Stimulasi penting untuk bayi yang lahir prematur. Nah, karena buah hatinya bersama Surya Saputra lahir preamtur, Cynthia Lamusu paham betul nih, Bun, pentingnya memberi stimulasi untuk si kembar yang diberi nama Atharva Bimasena Saputra dan Ataya Tatjana Aisyah Putri.

Diceritakan Cynthia Lamusu, setelah Bima dan Tatjana dibolehkan pulang ke rumah, ia dan Surya memegang prinsip untuk bersentuhan sama si kembar sesering mungkin sehingga mereka bisa memberi stimulasi. Nggak cuma itu, sebagai penyanyi Cynthia percaya kalau lewat gelombang suara dia juga bisa memberi stimulasi ke Bima dan Tatjana.




"Kita pakai beberapa media mainan juga buat menstimulasi Tatjana sama Bima. Jadi waktu awal-awal mereka umur di bawah 4 bulan, aku kasih mainan yang kayak kertas terus dipegang-pegang gitu. Itu membantu banget. Pas mereka belum bisa megang sesuatu aku taruh di kakinya untuk merangsang mereka bergerak. Kan ada bunyinya ya, jadi Tatjana dan Bima senang," Kata Cynthia di acara World Prematurity Day 'Little Miracle with Bright Future' di RSCM Kiara, Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017).

Sehari-hari, Cynthia Lamusu membagi sesi main Tatjana dan Bima jadi tiga sesi. Tiap sesi pun mainanya berbeda, Bun. Nah, karena sekarang umur si kembar hampir satu tahun, mainan yang dikasih Cynthia agak beda nih. Mengingat si kecil udah lincah banget merangkak, Cynthia dan Surya membuatkan playground sebagai area main Tatjana dan Bima.

Di kamar juga mereka menaruh playmat. Intinya, Cynthia Lamusu dan Surya berusaha menyediakan ruang bagi Tatjana dan Bima untuk bermain. Selain itu, Tatjana sama Bima juga sering bermain pakai buku atau flash card. Cuma itu aja? Nggak dong. Cynthia sama Surya juga sering ngajak si kembar main di luar ruangan lho.

"Kita ajak Tatjana sama Bima main di alam, main di rumput di halaman belakang misalnya. Kebetulan di rumah kan pelihara ayam sama kucing. Jadi selain dekat sama alam mereka juga mengenal binatang. Kadang juga berenang," tambah Cynthia.

Bicara stimulasi untuk bayi prematur, dr Jenni K Dahliana SpA bilang itu bisa diberikan lewat hal-hal sederhana dalam keseharian. Waktu menyusui si kecil, coba ajak ngomong dan tatap matanya. Mengajak ngobrol bayi juga bisa kita lakukan ketika memandikan dia. Kalau seperti yang dilakukan Cynthia Lamusu yakni menstimulasi dengan menyanyikan lagu buat bayi, boleh juga lho kata dr Jenni.

"Ingat, di dua tahun pertama kehidupan anak otaknya berkembang dengan pesat. Otak anak bagaikan spons jadi apapun stimulasi yang kita berikan bisa diserap sama anak. Nah, penting juga dilakukan skrining mata, telinga, otak, juga tulang bayi prematur supaya kalau memang ada yang tidak beres bisa diintervensi secepatnya. Perkembangan bayi prematur perlu dipantau sampai usia sekolah bahkan literatur mengatakan pemantauan penting dilakukan sampai anak remaja," papar dr Jenni.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi