parenting

Cerita Surya Saputra tentang Hobi Anak Kembarnya yang Berbeda

Asri Ediyati Sabtu, 24 Aug 2019 13:14 WIB
Cerita Surya Saputra tentang Hobi Anak Kembarnya yang Berbeda
Jakarta - Punya anak kembar bukan berarti orang tua bisa mengarahkan anak punya hobi yang sama. Seperti anak kembar dari aktorĀ Surya Saputra dan penyanyi Cynthia Lamusu. Kedua anak kembarnya, Ataya Tatjana Aisyah Putri dan Atharva Bimasena Saputra, punya hobi yang berbeda.

Dikutip dari InsertLive, Surya mengatakan bahwa putranya sudah mulai menyukai musik mengikuti jejak sang ibunda, Cynthia Lamusu. Bima bahka sudah dibelikan piano karena kegemarannya akan musik.

"Kalo Bima itu senang banget sama musik makanya waktu itu ke Bandung saya beliin angklung, terus harmonika, terus Cynthia beliin piano jadi dia memang senang banget sama musik," kata Surya Saputra.

Surya Saputra juga bilang karena putranya sangat menyukai piano, nantinya Bima akan diikutkan kursus piano. "Kalo kursus mungkin piano karena sampai saat ini dia paling senang sama piano, dia enggak pernah bosen," sambungnya.


Berbeda dengan saudara kembarnya, Tatjana, yang lebih suka membaca buku daripada bermain musik. Disebutkan Surya, anak perempuannya yang berusia dua tahun itu hobinya belajar dan paling senang jika dibelikan buku.
Surya Saputra, Cynthia Lamusu, dan anak kembarnya, Tatjana dan Bima.Surya Saputra, Cynthia Lamusu, dan anak kembarnya, Tatjana dan Bima/ Foto: Noel/detikHOT

"Kalo Tatjana hobinya belajar jadi kita paling senang beliin dia buku buat dia. Iya semua buku deh pokoknya kayak hewan-hewan, kalo dibacain buku juga nyimak dia," kata Surya Saputra.

Kembar bukan berarti semuanya sama ya, Bun? Terkait hal ini, bakat dan hobi anak memang bisa diwariskan dari orang tua. Tanpa disadari, bakat dan hobi orang tua sebenarnya diwariskan dari generasi ke generasi tapi kita tidak menyadarinya.

"Kemajuan zaman telah mengubah pola pikir orang-orang tentang bakat yang sebenarnya telah diturunkan dari generasi ke generasi," ujar ahli genetik, Elaine Collins, dikutip dari Telegraph.

Studi yang dilakukan pada sekitar 2 ribu orang dewasa di Inggris menyatakan, gen hobi seperti menari, berdansa, dan bakat profesional seperti akting dapat diturunkan orang tua ke anak.

Secara medis, bakat anak tidak hanya diwariskan melalui DNA tapi juga melalui epigenetic. Artinya, yang akan diwariskan ke anak bukan hanya bakat, tapi juga pengalaman orang tua.

Jika orang tua memiliki bakat di bidang seni musik, maka kemungkinanĀ anak akan mewarisi bakat alami untuk memainkan alat musik. Sebaliknya, jika seni itu tidak diajarkan atau dipraktikkan, bakat tidak akan tercipta. Demikian dilansir Fedhealth.

Simak juga video tentang tips kembangkan hobi anak.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi