parenting

Ujian Sekolah Sedang Berlangsung, Kok Anak Santai Banget?

Amelia Sewaka Jumat, 08 Dec 2017 18:54 WIB
Ujian Sekolah Sedang Berlangsung, Kok Anak Santai Banget?
Jakarta - Bulan-bulan ini si kecil di sekolahnya lagi menghadapi masa ujian nih, Bun. Tapi kok dia kelihatan santai aja ya? Melihat si kecil yang begitu santai, kitanya jadi yang ketar-ketir, ya nggak sih?

Kalau menurut psikolog klinis, Christina Tedja MPsi, ketika anak dalam masa menghadapi ujian, bukan saja anak-anak yang khawatir, melainkan orang tua juga. Tingkat kesiapan anak dalam menghadapi ujian pun berbeda-beda lho, jadi untuk memastikan proses ujian berjalan baik dan maksimal terkadang orang tua perlu banget turun tangan.


"Bagi anak-anak usia sekolah seperti sekolah dasar, biasanya masih memerlukan panduan dan dorongan dari orang tua. Jika orang tua sibuk, maka diperlukan bantuan guru les atau semacamnya," papar psikolog yang akrab disapa Tina.

Menurut Tina, hendaknya sejak dini (awal masuk sekolah dasar) anak mulai dididik, diarahkan dan dilatih untuk memiliki tanggung jawab sendiri, mandiri dalam mempersiapkan semua peralatan sekolah, menyimak segala informasi dari sekolah sehingga nggak ada yang terlewat. Selain itu juga memiliki rasa untuk bertanggung jawab atas segala prestasi dan perilakunya sendiri saat sekolah.


"Hal ini tidak terjadi dengan sendirinya dan instan. Perlu waktu, proses, konsistensi, kesempatan, dan keberanian orang tua sendiri dalam 'melepas' anak menjadi mandiri tanpa melalaikan prestasi," ungkap Tina.

Nah, kalau si kecil sulit dan nggak mau belajar kita harus gimana ya? Tika mengatakan itu tergantung dari seberapa mandiri, matang, dan bertanggung jawabnya anak kita saat ini. Jika orang tua merasa selama ini anak telah mampu mempertanggungjawabkan semua prestasi dan sikapnya di sekolah dengan baik, maka ada baiknya percayakan pada gaya anak belajar, Bun.

"Tapi kalau belum, maka anak perlu dipandu lebih jauh untuk belajar," papar Tina.

Nah, untuk gaya anak belajar sendiri kita pun perlu tahu nih, Bun, 'tools' untuk mengakses hal tersebut. "Secara sekilas, kita bisa tanyakan sendiri kepada anak lebih senang belajar yang seperti apa," sambung Tina.

Kata Tina ada kok anak yang jarang belajar tapi menunjukkan hasil yang maksimal. Ini biasanya karena anak memiliki gaya belajar audio, jadi cukup mendengar penjelasan guru di sekolah tanpa harus mengulang di rumah.

Ada pula anak yang senang membaca, biasanya lebih kepada visual karena ia perlu melihat tulisan, letaknya, dan bahasanya seperti apa.
(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi