parenting

Mumpung Libur, Yuk Bikin Percobaan Membuat Pelangi Bareng Anak

Nurvita Indarini Minggu, 07 Jan 2018 14:11 WIB
Mumpung Libur, Yuk Bikin Percobaan Membuat Pelangi Bareng Anak
Jakarta - Hari Minggu di rumah saja? Jangan sedih, bisa kok tetap seru-seruan bareng sama si kecil dengan aktivitas percobaan. Nggak butuh waktu lama dan nggak ribet juga. Jadi nggak akan mengganggu kegiatan memasak atau aktivitas lainnya.

Ide membuat pelangi ini HaiBunda kutip dari buku IMC Little Scientist edisi Berapa Warna Pelangi yang disusun oleh Elvina Lim Kusumo. Nah, ini dia dua ide aktivitas percobaan membuat pelangi yang bisa kita lakukan bareng anak, Bun.

1. Pelangi dari Susu
Mumpung Libur, Yuk Bikin Percobaan Membuat Pelangi Bareng AnakPelangi dari Susu/ Foto: Nurvita Indarini

Alat dan bahan:
Piring
Susu
Pewarna makanan atau cat air, beberapa warna
Sabun cuci piring
Cotton buds
Wadah untuk mencampur


Cara:
Kita campurkan air dan sabun cuci piring di wadah yang sudah disiapkan. Kita bisa minta si kecil untuk mengaduknya perlahan.

Selanjutnya kita tuang susu ke piring datar. Semua permukaan piring harus tertutup susu ya, Bun. Nah, kemudian ditetesi dengan aneka pewarna makanan di beberapa titik.

Next, anak diminta mencelupkan cotton buds ke cairan sabun, kemudian celupkan juga ke piring susu. Lakukan berulang-ulang, sampai muncul pola desain yang menarik.

"Jenis susu bisa diubah-ubah, nanti hasilnya beda. Biar anak melihat dan observasi sendiri. Hasilnya bisa beda karena kandungan yang ada di susu. Misalnya non fat dengan full fat, atau susu almond, itu nanti beda," jelas Vina, panggilan akrabnya, dalam peluncuran buku IMC Little Scientist di Gramedia Central Park, Jakarta Barat, Sabtu (7/1/2018).

Kata Vina, dari aktivitas ini, sebenarnya banyak hal yang dipelajari. Misalnya dari warna-warna yang diteteskan ke susu, anak bisa tahu akan ada warna baru saat dua warna berbeda dicampur jadi satu. Contohnya saat kuning dicampur biru maka akan muncul warna hijau.

2. Pelangi dari Permen
Mumpung Libur, Yuk Bikin Percobaan Membuat Pelangi Bareng AnakPelangi dari Permen/ Foto: Nurvita Indarini

Alat dan bahan:
Permen kecil-kecil aneka warna
Wadah
Pipet
Air hangat

Cara:
Anak menata permen secara melingkar di tepi piring. Bisa disusun sesuai warna pelangi atau sesuai keinginan anak.

Langkah kedua, menggunakan pipet, tetesi bagian tengah piring dengan air hangat, sampai semua permen terkena air. Nah, apa yang terjadi? Ayo saatnya kita ajak anak mengobservasi, Bun.

"Bisa pakai permen dan cairan lain, misal air dingin atau mungkin jus biar anak tahu nanti perbedaannya seperti apa," ucap Vina.

"Dalam eksperimen sains ini anak menyaksikan sendiri proses dissolve lapisan pada permen menggunakan air hangat," terang Vina dalam bukunya.

Gimana, siap melakukan aktivitas percobaannya hari ini bareng si kecil, Bun?
(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi