parenting

Perosotan bareng Putrinya, Chrissy Teigen Dapat 'Peringatan' Netizen

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 09 Jan 2018 07:05 WIB
Perosotan bareng Putrinya, Chrissy Teigen Dapat 'Peringatan' Netizen
Jakarta - Sama kayak ibu-ibu lain, Chrissy Teigen happy banget saat main perosotan sama putrinya, Luna. Eh, tapi Chrissy dapat peringatan nih, Bun, dari netizen terutama fans-nya.

Beberapa hari lalu, Chrissy Teigen mengunggah fotonya lagi main perosotan sama Luna yang berumur 1,5 tahun. Di perosotan, Chrissy memangku Luna dan gadis cilik itu memandang ke arah bawah dengan serius. Sementara itu, sang bunda tersenyum.

"Kami benar-benar ragu nih untuk meluncur dari perosotan sekarang," tulis Chrissy Teigen. Nah, postingan Chrissy ini mendapat banyak komentar dengan mayoritas mengingatkan Chrissy atas risiko ketika kita memangku anak saat meluncur di perosotan.

[Gambas:Instagram]

Salah satu netizen berkomentar kalau tahun lalu dia pernah melakukan hal serupa kayak Chrissy Teigen. Tapi ternyata si kecil terkilir dan dia mengalami patah di kedua kakinya. Si ibu merasa bertanggung jawab banget. Hiks, bunda mana ya yang nggak sedih mengalami peristiwa kayak gitu. Makanya, si ibu mewanti-wanti banget Chrissy Teigen untuk nggak melakukan hal itu lagi.


Memang, Bun, kalau kita memangku anak untuk main perosotan ada risiko cedera untuk si kecil. Menurut studi dalam 2017 American Academy of Pediatrics National Conference and Exhibition, 352.698 anak di bawah umur 6 tahun di AS cedera selama tahun 2005-2015 saat main perosotan. Nah, anak umur di bawah 1 tahun berisiko lebih tinggi cedera. Cedera yang sering terjadi adalah patah tulang di bagian bawah.



"Mayoritas cedera yang dialami bayi dan balita saat main perosotan adalah fraktur ekstrem di kaki bawah dan meluncur di pangkuan orang lain adalah penyebab utamanya," kata salah satu peneliti Charles Jennissen, dikutip dari Essential Baby.

Dia bilang, fraktur biasanya terjadi saat kaki anak-anak terbentuk tepi atau bagian bawah perosotan, lalu terpelintir dan tertekuk ke belakang, sambil mereka duduk di pangkuan ayah atau ibunya.

Untuk studi ini, peneliti mengumpulkan data dari National Electronic Injury Surveillance System (NEISS). Ditemukan, fraktur adalah cedera paling umum yang terjadi diikuti lecet dengan persentase 19 persen. Dari data yang terkumpul, anak yang cedera 59 persen adalah laki-laki.

Charles menekankan, orang tua mesti menyadari risiko ketika anak 'sampai' di sisi bawah perosotan dan posisi tubuhnya agak merosot dari pangkuan, ada kekuatan potensial di mana kaki mereka terbentur, bagian bawahnya terputar hingga terjadi patah tulang tibia. Jadi, ketika anak belum bisa main perosotan sendiri, kata Charles baiknya cari mainan lain aja ya, Bun.

Sementara itu, Chrissy Teigen menanggapi peringatan yang disampaikan netizen nih. Chrissy bilang kalau dia nggak main perosotan sama Luna tapi cuma duduk di perosotan dan berpose kayak gitu aja lalu difoto.

"Foto bisa ada hanya dalam hitungan detik. Ya, risiko anak mengalami patah tulang kaki memang ada di taman. Nggak cuma satu kaki, bahkan keduanya," kata Chrissy Teigen. Nggak lupa istri penyanyi John Legend ini juga berterima kasih sama perhatian yang disampaikan para fans-nya.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi