parenting

Manfaat Main Air Buat si Kecil

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 16 Jan 2018 10:14 WIB
Manfaat Main Air Buat si Kecil
Jakarta - Kecipak kecipuk. Si kecil main air nih, Bun. Biasanya, ada Bunda yang langsung mengangkat anak agar menjauh dari air. Ya, soalnya main air bikin baju anak basah semua. Eh, tapi tahu nggak, Bun, kalau sah-sah aja lho kita biarkan anak main air.

Soalnya, ada manfaat buat anak ketika mereka main air. Seperti kata psikolog klinis dan founder 'The Positivity Institute' Dr Suzy Green main air bisa memberi efek teurapetik yang sama saat kita main di laut meski nggak berenang. Jadi, kalau anak cuma main tuang-menuang air di ember itu juga udah bermanfaat buat mereka, Bun.

"Bahkan beberapa studi menunjukkan cuma melihat gambar air dan warna-warna biru ada efek restoratif untuk kesejahteraan kita. Terlebih saat anak main air di luar ruangan, mereka bisa berinteraksi dengan alam yang berefek positif pada perilaku, performa akademik, dan kemampuan sosial anak," kata Suzy dikutip dari Essential Baby.


Saat anak main, kata Suzy anak juga bisa mendapat energi ekstra, rasa penasaran, tawa, dan senang bermain. Semua itu merupakan karakter kuat yang dibutuhkan anak dalam tumbuh kembangnya. Pas main air anak juga bisa belajar sains lho.



Misalnya, anak tahu gimana air bergerak atau melarutkan pasir bahkan menggerakkan sesuatu. Terus, anak juga bisa belajar tentang volume, Bun. Sementara itu, dr Ginni Mansberg yang juga residen doktor bilang main air sama anak bisa jadi ajang quality time orang tua. Berkreasi dengan air juga bisa bikin anak kreatif, Bun, kata dr Ginni.

Tapi, bukan berarti kita nggak bisa main mainan yang lain sama si kecil untuk bisa dapat quality time bareng mereka ya, Bun. dr Ginni berpesan kita juga mesti memperhatikan anak ketika mereka main air.

"Seperti kita tahu bahaya bisa mengintai di mana saja. Sehingga, saat anak main air kita juga harus memperhatikan keselamatan mereka," kata dr Ginni.

Beberapa waktu lalu, psikolog anak Dr Rose Mini yang akrab disapa Bunda Romi bilang saat anak main air misalnya pas hujan, ada banyak hal yang bisa mereka pelajari. Anak bisa belajar volume dan jumlah lalu menambah pengetahuan kalau hujan turun dari langit.



"Anak juga bisa belajar supaya nggak kehujanan kita harus pakai payung. Jadi kita mesti siap jas hujan juga misalnya. Dari main hujan-hujanan memang banyak yang bisa dipelajari anak. Mereka juga tahu gimana tekstur air kan," kata Bunda Romi.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi