parenting

Tips Jalan-jalan Tanpa Ribet Bareng si Kecil yang Masih MPASI

Nurvita Indarini Minggu, 21 Jan 2018 12:06 WIB
Tips Jalan-jalan Tanpa Ribet Bareng si Kecil yang Masih MPASI
Jakarta - Salah satu hal yang membuat ibu-ibu malas jalan-jalan saat anaknya masih makan makanan pendamping ASI (MPASI) adalah karena ribet. Tapi kalau tahu caranya, bisa lho jalan-jalan sama si kecil yang masih MPASI tanpa ribet dan harus bawa banyak barang.

"Kalau bawa jalan-jalan anak umur 6-12 bulan memang agak ribet ya, karena mereka baru mulai makan. Tapi bisa kok disiasati," ujar Irna Nurul Fatimah, ibu empat anak sekaligus penggagas wadah berbagi bagi para ibu, MamaShares.

Anak bungsu Irna juga sudah diajak jalan-jalan saat masih MPASI. Menurutnya cukup mudah dan nggak perlu persiapan yang macam-macam karena si kecil makan dengan metode baby led weaning (BLW). Sementara dulu anak pertama pun nggak ribet juga saat diajak jalan-jalan.


"Anakku yang pertama makannya puree. Jadi aku bawa oatmeal instan, lalu tinggal minta air panas saja saat ke tempat makan, lalu dikasih pisang, keju, atau butter," imbuh Irna saat ngobrol dengan HaiBunda beberapa waktu lalu.

Nah, saat ini untuk anaknya yang BLW, Irna biasanya minta lalapan atau sayuran kukus untuk MPASI si kecil. Irna mencoba meminimalkan bawa bahan makanan dan alat pembuat makanan untuk anaknya biar nggak terlalu banyak barang bawaan.

"Kalau di hotel besar pasti banyak makanan buat anak. Buat anakku yang BLW, aku juga bisa minta omelet nggak pakai garam," sambungnya.

Tapi kalau kita nggak akan menginap di hotel besar, bisa saja sih, Bun, bawa kukusan listrik yang kecil, sehingga nggak memakan tempat. Nah, bahan makanan untuk MPASI si kecil, bisa kita beli di pasar tradisional atau warung di sekitar tempat kita menginap saja.

"Memang tergantung tempat tujuan ya. Kalau menginap di hotel memang lebih mudah. Tapi kalau homestay juga bisa disiasati," tambah Irna yang pernah membawa bayi enam bulannya untuk jalan-jalan ke Yogyakarta dan tinggal di homestay ini. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi