sign up SIGN UP search


parenting

Bunda Perlu Tahu, Pentingnya Zat Besi Pada MPASI agar Anak Cerdas

Siti Hafadzoh Selasa, 30 Jun 2020 08:33 WIB
Close-up shot of mother spoon feeding her baby girl. caption
Jakarta -

Makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam 1000 hari pertama anak. Pasalnya, MPASI sangat memengaruhi perkembangan si kecil di kemudian hari lho, Bunda.

Menu MPASI tentunya harus memenuhi kebutuhan gizi anak agar perkembangannya optimal, di antaranya harus mengandung makro dan mikronutrien. Nah, salah satu mikronutrien yang sangat penting ada dalam MPASI adalah zat besi.

Bayi usia 0-5 bulan masih bisa memenuhi kebutuhan zat besinya cadangan pada saat lahir. Sedangkan, bayi di atas 6 bulan sudah membutuhkan zat besi dari MPASI.


"Setelah 6 bulan, hanya 3 persen (zat besi) yang bisa terpenuhi dari ASI. Sisanya, harus terpenuhi dari MPASI. Makanya, MPASI wajib hukumnya kaya zat besi," kata dr Meta Hanindita, Sp.A. (K) dalam Webinar Peluncuran Buku Mommyclopedia: 78 Resep MPASI pada Sabtu (27/6/2020).

Cute little baby boy, eating mashed vegetables for lunch, mom feeding him, sweet toddler boy, smilingIlustrasi MPASI bayi/ Foto: iStock

Meta menjelaskan, MPASI yang kaya akan zat besi sangat penting lho untuk perkembangan otak bayi. Nantinya, ini juga akan berpengaruh pada perkembangan kognitif anak, Bunda.

"Zat besi ini sangat penting untuk perkembangan otak karena dalam pembentukan sel-sel neuron membutuhkan zat besi," jelas Meta.

Meta mengatakan, ada berbagai literatur yang menjelaskan kebutuhan zat besi minimum untuk bayi. Tapi, dalam bukunya, Meta menggunakan literatur yang menyebut bahwa bayi membutuhkan 6,8 miligram zat besi per hari.

Jadi, mulai sekarang pastikan MPASI si kecil kaya akan zat besi ya, Bunda. Supaya anak tumbuh sehat dan cerdas.

Lihat juga alternatif ikan selain salmon untuk MPASI berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi