parenting

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng si Kecil Saat Hujan

Melly Febrida Sabtu, 27 Jan 2018 15:06 WIB
Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng si Kecil Saat Hujan
Jakarta - Bagaimana cuaca di tempat Bunda sekarang ini? Syukurlah kalau cerah, karena bisa mengajak si kecil main di luar saat weekend begini. Tapi kalau hujan, bukan berarti nggak bisa bersenang-senang juga sih.

Nah, biasanya saat di luar hujan, apa yang dilakukan untuk mengusir bosan, Bun? Sebenarnya ada beberapa ide kegiatan atau permainan yang bisa dilakukan di hari hujan, jadi anak-anak nggak mati gaya

Situs Familyeducation berbagi 10 kegiatan yang bisa kita lakukan bareng si kecil di rumah, jadi nggak perlu basah-basahan atau kejebak macet di luar rumah, Bun.


1. Nonton Film Keluarga

Saat hujan di petang hingga malam hari, pasti menyenangkan nih bisa menonton film bareng keluarga. Bunda bisa mengubah ruang keluarga menjadi 'bioskop' pribadi. Pilihlah film yang akan dinikmati seluruh anggota keluarga dan nikmati pertunjukkannya.

Kegiatan saat hujan/Kegiatan saat hujan/ Foto: Thinkstock


2. Benteng Selimut yang Menyenangkan

Saat hari hujan, kita juga bisa membuat benteng-bentengan dari selimut dan bantal. Yuk, kita bantu si kecil membangun benteng super mereka di ruang keluarga. Anak-anak bisa sibuk sepanjang hari dengan kegiatan yang menyenangkan. Mereka juga tenang berada di kastil imajiner barunya.

3. Board Game

Bunda punya mainan monopoli atau board game lainnya? Saat musim hujan, mainan ini bisa dikeluarkan jika sudah lama disimpan di kemari. Ya, board game adalah salah satu cara terbaik untuk menghabiskan hari santai di rumah.



4. Bikin Tongkat Hujan

Anak-anak bisa menciptakan kerajinan menyenangkan di rumah daripada main hujan di luar. Ini salah satu idenya, Bun.

Pertama, kita kumpulkan gulungan bekas tisu toilet dulu ya. Sediakan juga krayon, kertas timah, selotip, beras, dan pipe cleaner yang panjang. Yuk, minta si kecil mewarnai dan menghias gulungan bekas tisu toilet.

Selanjutnya, rekatkan kertas timah ke salah satu ujungnya dengan selotip. Gulung pipe cleaner seperti bentuk per dan paskan ke dalam gulungan tisu toilet. Selanjutnya masukkan berasnya ya. Amankan ujung tabung dengan kertas timah dan selotip. Taraaa... Tongkat hujan sekarang siap untuk membuat suara hujan yang menenangkan!

5. Berkreasi di Dapur

Yuk, kita tanyakan ke anak kalau hujan-hujan begini enaknya makan makanan apa. Kalau cukup mudah direalisasikan dengan bahan-bahan yang ada di kulkas, yuk eksekusi langsung saja, Bun.

Anak-anak nggak hanya merasa penting dan berguna saat dilibatkan dalam kegiatan memasak, mereka juga akan bangga dengan makanan lezat buatan mereka. Plus, kita bisa duduk dan menikmati hasil kerja sama dengan si kecil. Aih enaknya.

Kegiatan saat hujan/Kegiatan saat hujan/ Foto: iStock


6. Petak Umpet

Petak umpet adalah permainan sederhana yang disukai anak-anak. Anak-anak bisa menggunakan seluruh ruang di rumah untuk permainan ini. Namun kalau ada ruangan yang sekiranya berbahaya untuk bersembunyi anak misalnya gudang atau ruang lain yang penuh barang, sebaiknya kita beri tahu anak-anak untuk tidak menggunakannya.

7. Membaca Buku

Membaca buku termasuk aktivitas indoor yang edukatif dan menyenangkan, Bun. Membaca dengan anak akan meningkatkan kemampuan membaca dan membangun antusiasmenya terhadap buku.

Membaca bersama sambil memeluk selimut bareng anak-anak pasti menyenangkan. Kita bisa bergantian membaca, tapi kalau si kecil belum bisa membaca, kita bisa membacakan dengan antusias, selanjutnya bisa kita minta si kecil pura-pura membacakan buku itu untuk kita. Dari situ, anak bisa belajar lebih fokus nih, Bun.



8. Bermain Charades

Charades adalah permainan keluarga yang cocok saat hari hujan. Untuk memulainya, Bunda dan anak-anak membentuk dua tim dan pindah ke ruang terpisah. Setiap tim harus menuliskan kata, nama, tempat, buku, film, dan sebagainya di selembar kertas, kemudian dipertukarkan dengan tim lain.

Tim bergiliran memilih secarik kertas dan diam-diam memerankan apa yang ada di atas kertas. Setiap kali pemain mengambil giliran, gunakan stopwatch untuk mengecek waktunya. Tim dengan waktu terpendek secara keseluruhan adalah pemenangnya. Permainan ini bisa membantu memperluas kosakata dan pengetahuan anak-anak.


(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi