parenting

Ini Dia 4 Film yang Bisa Menemani Weekend Bunda Sekeluarga

Amelia Sewaka Sabtu, 27 Jan 2018 18:00 WIB
Ini Dia 4 Film yang Bisa Menemani Weekend Bunda Sekeluarga
Jakarta - Di akhir pekan gini enaknya ngapain ya? Lho, kok malah ngeluarin laptop, Bun? Rehatlah sejenak, Bun. Mumpung sedang kumpul keluarga, gimana kalau nonton film bareng?

Nggak harus ke bioskop sih, Bun. Bisa kok dengan menonton film yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Soalnya kalau ke bioskop, kadang jalanan macet. Maklum ya, malam Minggu. Belum lagi kalau hujan. Mungkin juga, bagi beberapa ayah dan bunda yang bekerja, hari ini masih 'tanggal tua' karena belum gajian.

Nah, berikut film yang wajib banget Bunda tonton bareng keluarga karena nggak hanya menarik tapi juga sarat akan pesan bermakna. Apa saja filmnya? Ini dia rekomendasi HaiBunda.




1. Coco

4 Film yang Bisa Menemani Weekend Bunda Sekeluarga/4 Film yang Bisa Menemani Weekend Bunda Sekeluarga/ Foto: Internet


Disney selalu tahu cara menghibur keluarga dengan film-film berkualitasnya nih, Bun. Dengan temanya yang sederhana apalagi kebanyakan soal keluarga, selalu bisa menyentuh hati penontonnya, termasuk film Coco ini. Nggak sedikit lho yang 'tumpah' air mata ketika nonton film ini.

Film ini bercerita tentang seorang anak berusia 12 tahun bernama Miguel, yang bermimpi menjadi seorang musisi mengikuti jejak sang idolanya, Ernesta de la Cruz. Namun sayangnya mimpinya tersebut ditentang habis-habisan oleh sang keluarga. Awalnya Miguel pun tidak tahu apa alasan penentangan itu.

Nggak hanya dilarang bermimpi dan bercita-cita menjadi musisi, Miguel pun dilarang keras menonton musik yang sering diadakan di taman dekat rumah maupun di televisi. Alhasil, Miguel pun harus bersembunyi di atas loteng agar bisa berlatih gitar atau sekadar mendengarkan musik.

Suatu ketika, ia mengalami kejadian magis yaitu masuk ke dunia orang mati. Di sana ia mendapat restu dari buyutnya untuk menjadi musisi. Dari situ, Miguel pun banyak mengalami kejadian yang membuat dirinya belajar. Ya, belajar untuk menghormati keluarganya, tradisinya, dan cita-citanya.

Film ini banyak memberi pesan yang begitu menyentuh dari mulai ikatan keluarga yang kuat, nilai-nilai dalam tradisi, serta penghormatan pada budaya leluhur. Film Coco pun turut mengajarkan bagaimana memperjuangkan mimpi. Walaupun mengusung budaya Meksiko, film ini masih tetap oke kok ditonton budaya lain, termasuk Indonesia.

Sambil nonton filmya, kita juga bisa mengajarkan si kecil tentang tradisi, perayaan dan kepercayaan yang dianut kebanyakan orang di Meksiko. Nggak hanya itu, karena banyak lagunya, anak-anak juga bisa ikut menyanyi bersama.

2. The Greatest Showman

4 Film yang Bisa Menemani Weekend Bunda Sekeluarga/4 Film yang Bisa Menemani Weekend Bunda Sekeluarga/ Foto: Internet


Film ini bercerita tetang seorang anak miskin yang bernama Phineas Taylor Barnum atau yang biasa dikenal Barnum. Ia jatuh cinta kepada anak sang klien yang kaya-raya namun apa daya ia tak punya apa-apa untuk diberikan. Hubungan mereka juga sangat ditentang keras oleh orang tua pihak perempuan.

Namun Barnum tak pantang menyerah. Ia terus berusaha dari bawah, memulai banyak pekerjaan agar dapat meminang sang peremouan, Charity. Akhirnya dengan penuh tanggung jawab, Barnum busa membawa Charity hidup bersamanya.

Sayangnya nasib baik belum memihak Barnum dan keluarga. Kondisi finasialnya belum terlalu oke, sehingga oa nekat meminjam uang dari bank untuk membuat suatu museum.

Museum yang ia buka nggak langsung ramai, dan ia pun mencari orang-orang 'hidup' untuk mengisi museumnya. Tapi perjalanan masih panjang untuk kehidupan mapan dan 'pengakuan' yang ia cari.

Ketika istri dan anak-anaknya merasa sudah cukup dengan materi yang diberikan Barnum, ia masih belum puas. Barnum pun bertemu dengan penyanyi terkenal, berusaha untuk mempromosikannya ke seluruh dunia. Hal tersebut yang membuat Barnum terlena dan melupakan museum yang ia dirikan susah-payah.

Film ini banyak sekali memberi pelajaran tentang kehidupan termasuk keluarga, obsesi, kerja keras, mimpi, berani menjadi diri sendiri, dan pantang menyerah. Berbagai emosi bisa kita rasakan di film bergenre musikal ini, pelajaran untuk lebih mencintai keluarga dan tidak ada yang bisa menggantikan posisi keluarga pun tersirat besar dalam film ini.

3. Moana

4 Film yang Bisa Menemani Weekend Bunda Sekeluarga/4 Film yang Bisa Menemani Weekend Bunda Sekeluarga/ Foto: Internet


Untuk yang rindu dan menyukai Disney Princess, film ini cocok banget, Bun. Film ini bercerita tentang seorang putri kepala suku di pulau kecil bernama Motunui. Sejak kecil Moana sangat ingin berlayar mengarungi samudera, meski selalu digagalkan oleh ayahnya, Chief Tui.

Kalau Bunda ingat tentang kisah Mulan, kurang lebih ceritanya hampir sama. Moana pun harus berjuang menyelamatkan kampung halamannya dari kehancuran yang diakibatkan oleh Te Fiti. Menurut mitos dari sang nenek, Te Fiti adalah seorang dewi pencipta segala pulau dan kehidupan. Nah, jantung Te Fiti yang berupa batu hijau dicuri oleh manusia setengah-dewa Maui, sehingga Te Fiti murka dan menghancurkan pulau-pulau di sekitarnya.

Bedanya dengan film Mulan, Moana tidak ditambahi kisah percintaan dan pencarian pangeran. Layaknya film animasi keluaran Disney, Moana juga nggak ketinggalan membawa begitu banyak pesan moral lho. Film ini sarat pesan tentang keberanian dan ketangguhan seorang gadis yang mengorbankan kenyamanannya untuk menyelamatkan rakyatnya yang menderita.

4. Wonder

4 Film yang Bisa Menemani Weekend Bunda Sekeluarga/4 Film yang Bisa Menemani Weekend Bunda Sekeluarga/ Foto: Internet


Film ini bakal bikin kita mewek berat nih, Bun. Saking bagusnya, kita bisa merasakan emosinya. Film keluarga yang dibintangi Julia Roberts dan Owen Wilson ini berhasil mengajak kita seperti bisa merasakan apa yang mereka rasakan sebagai orang tua.

Film ini bercerita tentang seorang anak bernama August Pullman, yang mengalami kecacatan fisik dari lahir dan harus menghadapi dunia luar. Berusia 10 tahun. Auggie, panggilannya, belum pernah sekalipun menginjak bangku sekolah. Isabel, sang ibundalah, yang mendidiknya selama di rumah.

Jelas anak-anak kecil seumurannya tidak terbiasa melihat sesuatu yang 'berbeda', sehingga menyebabkan mereka tak bisa menutupi rasa terkejut ketika bertemu Auggie dan melihat fisiknya. Nggak jarang banyak yang yang ternganga, menutup mulut, berkata kasar, bahkan melarikan diri saat berpapasan dengannya.

Sebenarya hanya tampilan fisiknya saja yang berbeda, pada dasarnya Auggie hanyalah anak kecil yang ingin belajar dan bermain dengan teman sebayanya. Trauma saat banyak bertemu orang membuatnya sering banget memakai helm astronot untuk menutupi wajahnya yang kekurangan.



Namun orang tuanya selalu menanamkan bahwa Auggie 'ajaib' dan spesial, berbeda dari anak-anak lain. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri Auggie.

Film ini juga mengajarkan bahwa ketidaksempurnaan tidak menghalangi orang untuk bisa melakukan yang ia inginkan dan mampu dalam suatu hal yang di mana orang dengan fisik normal pun tidak punya kemampuan tersebut. Bukan alasan jika punya kekurangan orang tersebut untuk jadi minder dan nggak mau maju.

Banyak banget adegan di film ini yang membuat semua orang tersentuh ketika menontonnya. Walau begitu, masih ada juga kok adegan-adegan lucu dari tingkah maupun kata-kata Auggie yang polos layaknya anak-anak. (aml)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi