sign up SIGN UP search

parenting

Pentingnya Stimulasi yang Tepat untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Amelia Sewaka Selasa, 20 Feb 2018 07:02 WIB
Memberi stimulasi untuk tumbuh kembang anak itu penting banget. Tapi harus disesuaikan dengan usia anak ya, Bun. caption
Jakarta - Tahu nggak, Bun, kecerdasan anak bisa kita asah dari stimulasi-stimulasi yang kita berikan lho. Bahkan, stimulasi yang tepat juga bisa bikin tumbuh kembang anak optimal.

Kalau kita sebagai orang tua tahu manfaat besar stimulasi yang tepat untuk anak, bukan nggak mungkin kita akan lebih kreatif untuk mencari cara menstimulasi anak. Seperti kata psikolog anak Ratih Ibrahim, setiap anak dibekali dengan berbagai kecerdasan yang lengkap dan perlu dikembangkan melalui stimulasi yang tepat sesuai usia perkembangannya.

"Kecerdasan itu tidak tunggal melainkan majemuk. Seluruh aspek kecerdasan anak dikembangkan dengan stimulasi yang tepat yaitu sesuai dengan usia dan kebutuhan anak," ungkap Ratih dalam konferensi pers 'Bricklive-Petualang Interaktif Lego' di PIK Avenue, Jakarta Utara beberapa waktu lalu.


Stimulasi adalah pemberian rangsangan dari lingkungan yang memancing respons tertentu. Lalu, kenapa stimulasi penting kita berikan ke anak?



"Stimulasi penting untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang dan kecerdasan anak dan membantu anak untuk siap memasuki tahap perkembangan selanjutnya," papar Founder sekaligus CEO Personal Growth ini.

Selain itu, stimulasi juga dapat membantu anak memiliki self esteem yang baik. Hal lain yang nggak kalah penting stimulasi harus diberikan dengan tepat sesuai tahapan usia perkembangan anak. "Semua orang terutama anak-anak sejak usia sangat muda sudah dibekali Tuhan kecerdasan yang lengkap dan itu yang membuat kita jadi unggul sehingga kita pun bisa jadi jurnalis, blogger, dan lainnya," ungkap psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.

Menurut Ratih, bakat, kecerdasan dan hal semacamnya bukan hanya dari satu aspek saja yang dimaksimalkan, misalnya hanya kemampuan kognitif atau sosial anak aja yang distimulasi. Tapi, segala aspek perkembangan anak termasuk psikomotorik bahkan psikososialnya juga mesti distimulasi, Bun.

"Self esteem juga akan jadi lebih positif, anak bisa coret-coret dan membangun sesuatu dalam bentuk sederhana. Anak juga makin percaya diri dan tumbuh jadi anak yang keren jika stimulasi ke anaknya tepat," ungkap Ratih.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!