aktivitas

Stimulasi yang Bisa Didapat Anak Saat Bermain Blok

Amelia Sewaka Jumat, 09 Feb 2018 - 15.05 WIB
Stimulasi yang Bisa Didapat Anak Saat Bermain Blok/ Foto: Thinkstock Stimulasi yang Bisa Didapat Anak Saat Bermain Blok/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Orang tua akan mencari banyak cara biar tumbuh kembang anaknya oke. Apalagi orang tua 'jaman now' harus lebih kreatif biar anak nggak adiksi sama gadget ya, Bun.

Nah, salah satu mainan yang bisa kita kasih ke anak sekaligus untuk menstimulasi mereka adalah mainan blok kayak lego. Menurut psikolog Ratih Ibrahim, setiap anak dikaruniai bakat (kecerdasan) yang lengkap. Kecerdasan yang sifatnya majemuk ini meliputi kognitif, psikomotor, dan psikososial yang butuh dikembangkan secara optimal dengan stimulasi sesuai usianya.

"Bermain lego, terutama bersama teman sebaya, anak-anak didorong untuk mengeksplorasi dan mengembangkan seluruh aspek kecerdasan tersebut," papar Ratih dalam konferensi pers Bricklive - Petualang Interaktif Lego, di PIK Avenue, Jakarta Utara pada Kamis (8/2/2018).



Ratih melanjutkan, modal utama anak agar bisa bertanggung jawab dan berkompetisi di zaman milenial nggak cuma pintar dan rajin tapi juga harus kreatif.

"Inovasi dan kreativitas sama pentingnya dengan rajin, pintar, tekun dan sebagainya dan semua ini disebut sebagai kecerdasan," ungkap Ratih.

Karena itu, Ratih mengatakan memberikan stimulasi yang tepat saat anak bertumbuh kembang itu sangat penting. Nah, lego bisa jadi salah satu alat stimulasi yang menurut Ratih sangat tepat untuk mengasah semua kemampuan anak dari mulai kognitif, psikomotorik bahkan psikososial.

"Supaya semua kemampuan itu bisa tumbuh bersama harus ada kegiatan yang rapi dan pilih sesuai usia anak. Dan orang tua juga harus menemani. Itu penting, jadi orang tua jangan cuma sibuk sama gadgetnya," tutur Ratih.

Yang perlu diingat, kasih mainan blok seperti lego sesuai kategori usia anak ya, Bun. Kalau Bunda sekeluarga kebetulan hobi main lego, di akhir pekan ini nggak ada salahnya mampir ke gelaran Bricklive Jakarta.

"Melalui Bricklive Jakarta, kami mengajak keluarga di Indonesia untuk mengajak anak-anaknya berkreasi dengan menggunakan Lego yang merupakan sebuah permainan yang memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak," kata Denny Sumali, Direktur Sorak Gemilang Entertainment (SGE).

Bricklive Jakarta akan digelar pada 7 -17 Juni 2018 di PIK Avenue Jakarta, tapi tiketnya udah bisa dibeli dari sekarang di Tokopedia, Bun.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi