parenting

Duh, Anakku Kok Nggak Mau Makan Nasi Sih?

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 27 Feb 2018 17:12 WIB
Duh, Anakku Kok Nggak Mau Makan Nasi Sih? caption
Jakarta - Di Indonesia, kita sering menganggap belum makan kalau belum makan nasi kan, Bun? Begitu juga ketika anak nggak mau makan nasi, paniklah bunda dan ayah lalu mengeluh, "Duh, anakku nggak mau makan nasi".

Seperti sepupu saya, Bun. Dia pusing tujuh keliling, karena anaknya yang berumur 13 bulan nggak mau makan nasi. Tapi kata dia si kecil mau saat dikasih lontong isi yang dijual di warung. Bahkan, sampai habis tiga lho, Bun, lontongnya. Wah, kenyang juga kamu, Nak, he-he-he, batin saya.

Selain sepupu saya, beberapa teman juga ada yang mengeluhkan hal serupa. Anaknya nggak mau makan yang merujuk pada nggak mau makan nasi. Tapi, kalau dikasih makanan lain kayak roti atau ketupat, dia mau. Nah, soal anak yang nggak mau makan nasi ini saya tanyakan aja ke dr Bernie Endryani Medise SpA(K).




Kata dr Bernie, nggak masalah kok, Bun, anak nggak mau makan nasi. Yang penting, dia masih mau makan sumber karbohidrat lain. Contohnya ya kayak keponakan saya ini. Dia nggak mau makan nasi tapi lontong doyan, kata dr Bernie itu nggak masalah karena sumber karbohidrat kan banyak ya, Bun. Kalau anak nggak mau makan nasi kita bisa memberi mereka makanan mengandung karbohidrat lainnya seperti kentang, singkong, jagung, atau mi.

"Kayak lontong kalau anaknya mau nggak apa-apa walaupun dia nggak suka makan nasi. Kan lontong bisa kita padukan sama sate. Atau lontong dipadukan sama sayur dan lauk lainnya. Yang penting kebutuhan protein, lemak, vitamin dan mineralnya tetap terpenuhi," kata dr Bernie ditemui usai perayaan 125 Tahun Johnson's di bilangan Gandaria, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Atau, dr Bernie mencontohkan, kita bisa memberi kentang yang sudah dihaluskan kemudian ditambah keju atau brokoli. Singkong rebus juga boleh lho, Bun, dikasih ke anak, terlebih yang umurnya udah di atas satu tahun. Pilihan lainnya, jagung yang diolah menjadi aneka kudapan juga bisa disajikan ke anak.

Nah, kalau dr Bernie sendiri lebih menyarankan sumber karbohidrat apa sih untuk pengganti nasi? "Cari yang gampang aja ditemui. Kalau kita di Indonesia, kentang, jagung, singkong, gitu kan gampang ditemui ya. Pilih aja itu, asal anaknya suka terus diolah jadi aneka makanan," kata dr Bernie.



Boleh juga kok anak dikasih pasta, mi, atau bihun. Apalagi kalau bikin sendiri, itu akan lebih baik lho. Soal anggapan anak nggak mau makan yang merujuk pada nggak mau makan nasi, ini nggak lepas dari kebiasaan di masyarakat karena makanan pokok masyarakat Indonesia sebagian besar nasi. Ya, jangankan anak-anak, kita aja orang dewasa suka bilang belum makan kalau belum makan nasi ya, Bun. Padahal, sebelumnya udah makan ketupat sayur. He-he-he.

Jadi, nggak perlu khawatir ketika si kecil nggak mau atau malas makan nasi asalkan dia masih mau mengonsumsi makanan sumber karbohidrat lainnya. Tetap semangat dan kreatif untuk membuatkan menu buat si kecil ya, Bun! (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi