parenting

Mengenal Home Learning, Salah Satu Metode Mendidik Anak

Amelia Sewaka Kamis, 15 Mar 2018 16:01 WIB
Mengenal Home Learning, Salah Satu Metode Mendidik Anak
Jakarta - Saat ini kemajuan teknologi sangat memengaruhi paradigma anak, sehingga orang tua pun dituntut lebih kritis dan kreatif dalam mendidik anak-anaknya. Termasuk dalam memilih metode mendidik anak nih, Bun.

Hal ini emang susah-susah gampang sih ya, Bun. Metode A belum tentu cocok untuk anak kita karena anak kita cocoknya dengan metode B. Terus, belum tentu juga anak lain cocok dengan metode yang kita terapkan buat si kecil. Nah, ada yang namanya metode home learning nih. Apa tuh?

Ini merupakan sebuah konsep mendidik anak berbasis rumah atau keluarga yang hakikatnya adalah kemerdekaan belajar. Belajar itu asyik, tanpa batas, kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja. Karena rumah adalah pendidikan utama dan pertama bagi anak. Ya nggak, Bun?


"Pendidikan yang berbasis keluarga di mana orang tua berperan aktif dalam mendidik anak. Gimana caranya orang tua menolong anaknya mencintai belajar, nggak hanya soal hasil tapi juga cinta prosesnya," papar Natalia Ridwan, salah satu penulis buku Home Learning, dalam peluncuran buku 'Home Learning, Belajar Seru Tanpa Batas', di Gramedia Matraman, Jakarta Timur, Rabu (15/3/2018).



Dalam kesempata sama, Aranggi Soemardjan, Founder dan CEO Clevio Coder Cam mengatakan semangat home learning adalah merdeka belajar. "Merdeka untuk memilih belajar di manapun, baik dalam rumah maupun luar sekolah," kata Aranggi.

Metode home learning secara garis besar mengulas konsep mendidik anak berbasis rumah atau keluarga. Saat ini, tantangan dunia pendidikan di era digital adalah mau tidak mau membuat orang tua harus membuka diri dan mengubah paradigma untuk memahami pendidikan modern abad ke-21.

"Orang tua perlu memahami berbagai tahapan perkembangan serta kemampuan belajar anak mulai dari lahir, supaya bisa mendampingi anak dalam belajar. Dan buku home learning ini bisa memberi panduan praktis disertai banyak contoh yang bisa menginspirasi orang tua," papar Yulianti Hendra yang merupakan salah satu dari tiga penulis buku 'Home Learning, Belajar Tanpa Batas'.

Setiap anak itu unik, sehingga orang tua perlu memilihkam model pendidikan yang tepat buat masing-masing anak. 'Buku Home Learning, Belajar Seru Tanpa Batas' ini membahas secara khusus tentang home schooling, salah satu model pendidikan yang belakangan ini makin dilirik orang tua.

Dari mulai seperti apa proses belajar home schooling, gimana memulai serta menyusun kurikulumnya, gimana proses evaluasi dalam home schooling dan lainnya. Di buku ini juga diberikan pemahaman dan inspirasi mendidik anak yang punya kesulitan belajar. Seperti kita tahu, masalah kesulitan belajar merupakan masalah yang dapat dialami anak yang menempuh pendidikan di sekolah reguler maupun home schooling.

Untuk anak dengan kesulitan belajar, salah satu prinsip yang bisa diterapkan dalam mendidik si kecil adalah akomodasi. Hmm, gimana, Bun? Mau mencoba teknik home learning ini untuk si kecil?

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi