parenting

Cerita Eks Artis Cilik Soal Bayi yang Nangis Kencang di Bioskop

Amelia Sewaka Jumat, 16 Mar 2018 12:40 WIB
Cerita Eks Artis Cilik Soal Bayi yang Nangis Kencang di Bioskop
Jakarta - Masih ingat dengan artis cilik yang dikenal dalam grup Trio Kwek-kwek, Leony, Bun? Belum lama ini dia memposting cerita tentang bayi yang menangis kencang di bioskop.

Di Insta Story-nya, Leony menuturkan ia tengah konsentrasi menonton di bioskop. Di tengah jalannya film yang diputar, tiba-tiba terdengar suara bayi menangis yang cukup keras. Ternyata ada pasangan yang membawa bayinya ikut menonton film.

"Tadi di dalam bioskop pas nonton Tomb Raider, ada suami istri bawa anak bayi, berisik banget sepanjang nonton anaknya nangis-nangis, saya dan beberapa penonton lain 'sst sst' orang tuanya tetap aja diam dalam bioskop nggak bawa anaknya keluar dulu," tulis Leony dalam Insta Story-nya.

Leony melanjutkan cerita dalam Story-nya, bahwa si ayah dari anak yang menangis tersebut sambil jalan berbicara dengan suara kencang, "Kan kamu masih bayi ya nggak apa nangis kencang, yang begitu mah biasa orang nggak punya anak,".



"Jadi udah dia yang berisik, dia pula yang minta dimengerti orang satu bioskop bahwa anak bayinya boleh nangis seenaknya, di mana logikanya?" lanjut Leony.

Permasalahan lainnya yang juga jadi masalah Leony adalah film yang ditonton orang tua tersebut bukanlah film anak-anak. Kata Leony, sebenarnya bagi dia pribadi tidak akan masalah jika memang itu filmnya khusus anak-anak.

Leony merasa hal ini merupakan tata krama dasar yang sebenarnya orang lain sudah pasti tahu bahwa jika kita berisik saat nonton di bioskop, maka bisa menganggu penonton lainnya juga. "Seperti halnya suara tangisan bayi, HP yang nggak di-silent, orang main HP dalam bioskop dan lainnya," tulisnya lagi.

Hmm, kira-kira wajar nggak ya bawa bayi ke tempat umum kayak bioskop gitu? Menurut psikolog klinis anak, Vera Itabiliana, wajar atau tidaknya sebanrnya tergantung siapa yang melihatnya sih. Itu juga tergantung kepentingan masing-masing.

Cerita Eks Artis Cilik Soal Bayi yang Nangis Kencang di Bioskop/Cerita Eks Artis Cilik Soal Bayi yang Nangis Kencang di Bioskop/ Foto: Instagram Makrumpita


"Orang tua seperti ini banyak terlihat di bioskop-bioskop, mereka seolah ingin sekali menonton film yang mereka minati sampai bawa anak, padahal mungkin filmnya tidak sesuai dengan umur anak plus anak juga belum tentu nyaman dengan situasi bioskop," papar Vera saat ngobrol dengan HaiBunda.

Kalau kata Vera, dalam kondisi seperti itu sebenarnya perlu rasa saling mengerti. Di satu sisi, penonton lain memahami bahwa orang tua tersebut punya kebutuhan untuk menonton atau mencari hiburan.



"Di sisi lain, orang tua yang bawa anak pun mengerti bahwa penonton lain butuh kenyamanan sehingga jika anak menangis dan sulit ditenangkan bisa dibawa keluar dulu dari ruang bioskop," lanjut Vera.

Sedangkan menurut psikolog anak, Wikan Putri Larasati, kurang setuju membawa anak ke tempat seperti bioskop. Menurutnya kurang bijak membawa bayi ke bioskop karena audio di bioskop itu kencang, buat orang dewasa aja terdengar kencang apalagi untuk bayi.

Cerita Eks Artis Cilik Soal Bayi yang Nangis Kencang di Bioskop/Cerita Eks Artis Cilik Soal Bayi yang Nangis Kencang di Bioskop/ Foto: Instagram Makrumpita


"Lalu suhu ruangan bioskop juga dingin sementara bayi butuh suhu ruangan yang hangat jadi bisa dipastikan bayi nggak nyaman dan akhirnya nangis," ungkap Wikan.

Meski punya bayi, bukan berarti kita jadi kehilangan waktu buat nonton di bioskop ya. Tapi menurut Bunda gimana? (aml)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi