sign up SIGN UP search


parenting

Mata Bocah Ini Dikira Kudisan, Ternyata Kena Kutu Babi

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 16 Mar 2018 17:03 WIB
Awalnya bocah ini mengeluh gatal di matanya dan kayak keluar belek gitu, Bun. Tapi siapa sangka ternyata itu akibat kutu babi. caption
Kuala Lumpur - Bocah perempuan bernama Nyrul Hamizah yang akrab disapa Ijah ini suka banget main sama kucing, Bun. Nah, suatu hari Ijah mengeluh gatal di matanya. Setelah beberapa hari, baru diketahui gatal di mata Ijah akibat dia kena kutu babi.

Ibunda Ijah, Zara Ryzal, membagikan apa yang dialami putrinya di akun Facebook-nya. Kata Zara, awalnya Ijah mengeluh sakit di bawah matanya dan udah kelihatan ada kotoran mata atau belek dan bekas luka kayak kudis. Zara pun mendiamkannya dengan pikiran bekas luka itu akan mengering.

Nah besoknya Zara mengecek kondisi mata Ijah ternyata masih kelihatan kayak kudis gitu. Ia pun mengelap mata anaknya pakai handuk tapi kondisi Ijah masih tetap sama. Sampai di hari ketiga nih, Bun. Bekas luka seperti kudisan yang ada di mata Ijah makin besar. Zara lantas memfoto mata Ijah dan bertanya ke saudara juga temannya.


"Mereka bilang itu kutu babi. Saya pun googling dan benar saja apa yang dialami Ijah sesuai, itu kutu babi. Ibu dan ayah saya mau memegangi Ijah karena saya hendak mengeluarkan kutu babi itu tapi dengan kuasa Allah kutu babinya keluar sendiri," kata Zara dalam laman Facebook-nya.



Dikatakan Zara, putrinya itu memang suka banget sama kucing, Bun. Nggak cuma kucing peliharaan, kucing kampung pun disayang sama Ijah. Bahkan gadis cilik itu nggak segan memeluk si kucing. Setelah cek ke RS, dokter bilang Ijah memang terinfeksi kutu babi. Apalagi mengingat Ijah suka banget sama kucing.

"Awalnya memang cuma kelihatan kayak bekas luka. Nggak kelihatan tuh kutunya. Mungkin kalau udah gemuk baru kelihatan. Kalau kelihatan kutunya pasti saya langsung ambil tindakan," ujar Zara.

Mata Bocah Ini Dikira Kudisan, Ternyata Kena Kutu BabiMata anak yang kena kutu babi (Foto: Facebook/ Zara Ryzal)


Berangkat dari pengalamannya, Zara berpesan buat orang tua lain agar lebih waspada terhadap parasit yang ada di sekitar kita, misalnya kutu babi yang sering hinggap di bulu binatang. Apalagi kalau anak kita memang suka banget sama kucing atau hewan berbulu lainnya.

Dikutip dari Healthline, setelah menggigit bagian tubuh, kutu babi biasanya akan tetap ada di bagian tubuh yang cenderung hangat seperti ketiak, selangkangan, dan rambut. Biasanya, setelah mengigit dan hinggap di tubuh, kurang lebih 10 hari kutu akan lepas sendiri dari tubuh kita, Bun.

Tanda-tanda gigitan kutu antara lain sakit atau membengkak di area yang digigit, ada ruam disertai sensasi terbakar, lecet dan pada kasus yang parah orang yang tergigit kutu bisa sulit bernapas. Kalau setelah digigit kutu ada gejala seperti demam tinggi, ruam, atau nyeri sendiri disarankan banget untuk segera cek ke dokter.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi