sign up SIGN UP search


parenting

Hal-hal Ini Perlu Dipertimbangkan Saat Pilih Sekolah Anak

Melly   |   Haibunda Senin, 19 Mar 2018 10:05 WIB
Bunda mau memilih sekolah untuk anak? Pertimbangkan hal ini dulu yuk. caption
Jakarta - Bersiap mencari sekolah untuk si kecil, Bun? Kadang suka bingung nggak sih mencari sekolah buat anak. Ya, saat mencari sekolah kita para orang tua perlu mempertimbangkan beberapa hal dan bukan hanya 'nama' sekolahnya aja.

Sebagai orang tua pastinya saya pribadi maunya memasukkan ke sekolah yang ternama. Tapi pastinya harus disesuaikan dengan kocek kita dong. He-he-he. Memang, sebaiknya mencari sekolah nggak hanya tentang akademisinya tapi juga sekolah yang juga fokus pada kurikulum ekstra agar seimbang.

Nah dilansir Standard Media, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan Bunda dan Ayah ketika memilih sekolah buat anak:


1. Biaya

Ini penting lho, Bun. Walau kita sanggup membiayai sekolah tapi ujung-ujungnya perekonomian rumah tangga jadi goyah alias pas-pasan sebaiknya pilihan sekolah tersebut dipertimbangkan lagi deh.

Selain itu, saat mencari sekolah untuk anak coba pertimbangkan apakah biaya sekolahnya sesuai dengan apa yang didapat. Soalnya, tidak semua sekolah mahal menawarkan jenis pendidikan terbaik. Lalu, pertimbangkan juga apakah dengan biaya segitu sistem di sekolah tersebut cocok untuk anak.

2. Lingkungan Sekolah Kondusif atau Nggak

Salah satu alasan mengapa anak membenci sekolah adalah karena bagaimana mereka diperlakukan saat berada di sana. Cobalah mencari lingkungan sekolah di mana anak bisa mengekspresikan diri dan mendapat arahan serta apa yang mereka butuhkan tanpa rasa takut.

Pastikan sekolah yang ramah untuk anak-anak. Selain itu, pastikan sekolahnya memiliki dengan sanitasi dan air bersih yang layak ya.

3. Staf Pengajar yang Berkomitmen dan Efektif

Guru kadang bisa jadi sosok yang menakutkan untuk anak-anak, Bun. Maksudnya jika gurunya galak, nggak sabaran dan apa yang dilakukan berisiko menghancurkan harga diri anak, baiknya nggak perlu memilih sekolah tersebut ya, Bun.

Pastikan staf sekolah terutama guru nggak hanya berkomitmen untuk mengajar anak-anak aja tapi juga bersedia membantu anak secara individu bila diperlukan.

4. Kurikulum Sekolah

Saat mencari sekolah anak-anak, Bunda bisa mencoba dan memastikan kurikulum di sekolah tersebut. Soalnya, kurikulum di sekolah membantu pertumbuhan, pembelajaran, dan pengembangan talenta anak, Bun. Dengan kata lain kurikulum yang didapat anak baiknya jadi pengalaman yang sehat untuk mereka. Jika si kecil berkebutuhan khusus, carilah sekolah yang mengkhususkan diri dalam hal tersebut.

5. Lingkungan yang Aman

Saat mencari sekolah anak, kita sebaiknya mempertimbangkan lingkungannya apakah aman buat anak. Pertimbangkan sekolah yang memiliki peralatan keselamatan dan standar operasional prosedur yang dilakukan untuk menghindari kecelakaan besar dan kecil.

6. Komunikasi Pihak Sekolah

Baiknya carilah sekolah yang akan melibatkan Bunda dalam segala hal yang dilakukan pihak sekolah sehingga kita nggak terlibat saat ada masalah aja, Bun. Sekecil apapun hal yang dibahas sekolah, selama itu masih berkaitan dengan pendidikan anak kita, kita perlu menaruh perhatian nih, Bun.

7. Lokasi Sekolah

Ini juga perlu, Bun. Apalagi ibukota seperti Jakarta macetnya terkenal banget ya. Saat mencari sekolah untuk anak, kita harus mempertimbangkan di mana lokasinya. Seberapa jauh dari rumah, berapa waktu tempuh ke sekolah, dan apakah sekolah mudah diakses. Kalau anak sekolah di dekat tempat tinggal pastinya waktu dan biaya jadi lebih hemat kan, Bun?

8. Ukuran Kelas

Bunda bisa melihat langsung ke kelas untuk mengetahui bagaimana cara belajar mengajarnya, ukuran kelas dan rasio murid serta guru. Ini memungkinkan Bunda untuk mengetahui apakah guru memiliki waktu untuk setiap anak dan apakah guru dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan murid-muridnya, termasuk mana anak yang belajarnya lambat mana yang cepat.

Memilih TK dan SD untuk si Kecil

Kata pakar dan praktisi pendidikan anak Arif Rachman beberapa waktu lalu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih sekolah TK dan SD yang baik untuk anak. Yang terpenting, dalam sekolah tersebut terdapat sentral bermain anak untuk mengembangkan 5 hal penting yaitu spiritual, emosional, jasmani, intelektual, dan sosialnya, yang dikemas dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Dalam memilih sekolah sebaiknya pilihlah sekolah yang tertib, teratur dan bersih, karena lingkungan sekitar sekolah juga mempengaruhi proses belajar mengajar anak-anak. Tahu nggak, Bun, lingkungan yang tidak kondusif bisa merusak konsentrasi anak ketika belajar lho. Serta pastikan sekolah tersebut punya visi dan misi yang tidak melanggar Undang-undang Pendidikan ya.

"Untuk guru TK sebaiknya telah mendapatkan pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sedangkan untuk sekolah dasar sebaiknya memiliki pendidikan minimal S1 dan untuk guru kelas 1, 2, dan 3 yang mengajar semua mata pelajaran sebaiknya juga mendapatkan pendidikan PAUD," ujar Arif, dikutip dari detikHealth. (rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!