parenting

Cerita Melanie Putria Soal Anaknya yang Sempat Takut Main di Luar Rumah

Amelia Sewaka Senin, 02 Apr 2018 08:07 WIB
Cerita Melanie Putria Soal Anaknya yang Sempat Takut Main di Luar Rumah
Jakarta - Anak-anak kebanyakan hobi nih main di luar rumah. Tapi, ini sempat nggak dilakukan putra Melanie Putria, Sheemar, Bun.

"Dulu Sheemar dari bayi sampai usia 3 tahun adalah anak yang resik banget, nggak mau kena kotor sedikit pun. Bahkan kalau keluar rumah kayak ke teras aja dia harus pakai sandal, kalau nggak dia bisa jingkat-jingkat tuh," kata Melanie Putria di tengah acara Konferensi pers Peluncuran Gerakan '#JamMainKita' untuk Anak Indonesia Sehat, di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, baru-baru ini.

Melanie mengaku memang dia nggak membiasakan Sheemar 'akrab' dengan kotor. Ya, namanya anak pertama Melanie jadi agak protektif gitu, Bun. He-he-he. Karena nggak biasa dengan kotor, Sheemar sempat jadi anak yang serba takut.


"Dia jadi takut, nggak berani begini, nggak pede (percaya diri) buat itu, minder pokoknya. Keliatan ketika usia 3 atau 4 tahun dia nggak punya daya untuk lari," ungkap mantan Puteri Indonesia ini.



Beda sama anak lain seumuran Sheemar di kelompok bermainnya yang ekspresif dan berani tabrak sana sini, jatuh dan bergulingan. Sheemar justru nggak berani melakukan itu semua.

"Belajar dari situ aku langsung berusaha untuk tarik dia main ke luar, aku ajak latihan lari, main bola nggak pakai sepatu dan sekarang aku masukin ke taekwondo. Kalau taekwondo nggak pakai sepatu kan," tutur Melanie Putria.

Sekarang pun Melanie masih melakukan itu, bikin anak untuk mau main di luar, mau kotor, mau repot dan mau keringetan karena hal itulah yang kebanyakan anak-anak sekarang nggak mau rasakan.

"Kalau orang tua ngebiarin hal tersebut, efeknya bisa berkepanjangan dan itu nggak bagus," tutur wanita yang bernama lengkap Melanie Putria Dewita Sari ini.

Sama seperti anak lainnya, awalnya Sheemar sempat berjingkat-jingkat saat lari di aspal dan takut mengikuti awal sesi taekwodo. Namun Melanie tetap keukeuh membiarkan anaknya melanjutkan latihan karena menurutnya itulah yang dibutuhkan Sheemar agar jadi lelaki yang kuat nantinya.

Sedangkan untuk pemakaian gadget, kebetulan itu merupakan media yang banyak dipakai Sheemar untuk belajar terutama di sekolah.



"Ya kita pun nggak bisa melawan kemajuan zaman dan aku pun nggak mau jadi orang yang antipati sama gadget karena banyak benefitnya juga cuma porsinya aja yang harus seimbang dan itu yang aku lakukan sekarang," kata Melanie Putria.

Sehingga, Melanie menerapkan aturan di rumah kalau memang Sheemar harus belajar ya udah saatnya belajar. Untuk main gadget, boleh dilakukan Sheemar tapi nggak lebih dari 1 jam sehari. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi